Buruh yang tergabung dalam FSPMI melakukan aksi long march menuju Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)
Buruh yang tergabung dalam FSPMI melakukan aksi long march menuju Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)

Peringatan Hari Buruh Diisi Bakti Sosial dan Hiburan

Nasional hari buruh
Siti Yona Hukmana • 01 Mei 2019 09:57
Jakarta: Ribuan massa akan meramaikan peringatan Hari Buruh Sedunia hari ini Rabu, 1 Mei 2019. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan di sejumlah titik.
 
"Kegiatan May Day kami harapkan tidak ugal-ugalan. Kami menerima laporan bahwa mereka akan melakukan kegiatan yang positif," kata Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 1 Mei 2019.
 
Nasir merincikan sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh ribuan massa tersebut. Pertama di Tennis Indoor Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. "Di sana ada kegiatan orasi dan hiburan," ujar Nasir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, di Stadion Rawabadak, Jakarta Utara. Kegiatannya yakni bakti sosial, hiburan, dan pembagian doorprize.
 
"Terus di Sportclub Kelapa Gading, Jakarta Utara, juga sama dengan kegiatan hiburan, dan doorprize," ucap Nasir.
 
Baca juga:Migrant Care Minta Moratorium Pekerja Migran Dicabut
 
Lalu, lanjut Nasir, di Alun Alun Ahmad Yani Tangerang Kota akan dilalukan kegiatan bakti sosial, doorprize, hiburan, pemberian oli gratis untuk sepeda motor. Senada dengan Central Park Meikarta, Bekasi, Jawa Barat yang menggelar kegiatan serupa.
 
"Di Central Park ini ada pelayanan SIM (surat izin mengemudi) gratis untuk 200 orang dan perpanjang SIM gratis untuk 300 orang," tutur Nasir.
 
Selain itu di Alun-alun Bekasi Kota, akan ada kegiatan hiburan dan bazar. Ocean Park Serpong, Tangerang Selatan, juga kegiatan hiburan disertai dengan bakti sosial. Terakhir di Gedung Galaxy Cisalak, Depok, akan ada panggung musik dan sosialiasi undang-undang dan narkoba, serta makan gratis.
 
Peringatan Hari Buruh Sedunia akan diikuti oleh sejumlah buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI). Jumlah peserta diperkirakan mencapai 40 ribu orang.
 
KASBI bersama Gerakan Buruh untuk Rakyat (Gebrak) akan turun ke jalan khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada pukul 09.00 hingga 17.30 WIB. Mereka juga akan menggelar aksi di depan Istana Negara.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif