Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto: MI/RAMDANI
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto: MI/RAMDANI

Menteri Edhy Pastikan Satgas 115 Tetap Bekerja

Nasional illegal fishing kelautan dan perikanan
Damar Iradat • 14 Januari 2020 15:17
Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memastikan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Ilegal (Satgas 115) tetap bekerja. Satgas 115 akan tetap mengoordinasi soal penindakan terhadap illegal fishing.
 
"Saya akan optimalkan, evaluasi kinerja yang ada. Saya akan ganti, apakah saya akan lanjutkan, itu nanti keputusan tim," kata Edhy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Menurut dia, Satgas 115 selama ini hanya berkoordinasi dengan pihak-pihak lain yang terlibat dalam penindakan illegal fishing. Penindakan di lapangan langsung ditangani TNI AL dan Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka kan enggak punya pasukan. Mereka hanya bisa mengamati melalui data yang kita miliki, bukan orang lapangan," jelasnya.
 
Satgas 115 dibentuk mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Satgas ini dibentuk untuk mengoordinasikan semua institusi keamanan di laut untuk memberantas penangkapan ikan ilegal.
 
Pembentukan satgas diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 115 Tahun 2015. Satgas bertugas mengembangkan dan melaksanakan penegakan hukum dalam pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal melalui koordinasi lintas instansi.
 
Berdasarkan aturan, masa tugas anggota Satgas 115 berakhir pada 31 Desember 2019. Presiden Joko Widodo juga belum memberi keterangan lebih lanjut terkait keberadaan satgas.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif