NEWSTICKER
Wisma Atlet Kemayoran, Jakpus, dibersihkan jelang menjadi tempat penampungan pasien korona, Kamis, 19 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Christian Dior
Wisma Atlet Kemayoran, Jakpus, dibersihkan jelang menjadi tempat penampungan pasien korona, Kamis, 19 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Christian Dior

Wisma Atlet Siap Tampung Pasien Covid-19

Nasional Virus Korona wisma atlet jakarta rumah sakit rujukan covid-19
Anggi Tondi Martaon • 22 Maret 2020 15:27
Jakarta: Persiapan Wisma atlet sebagai rumah sakit darurat penanganan pasien covid-19 atau korona sudah 100 persen. Pengerjaan renovasi sarana dan prasarana sudah selesai dilakukan.
 
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono menyampaikan, ada beberapa komponen pengerjaan alih fungsi wisma atlet. Pertama, pembersihan unit yang sudah lama tak digunakan selepas perhelatan Asian Games 2018.
 
"Ini sudah selesai semauanya termasuk penyemprotannya kemarin sore, 100 persen sudah selesai," kata Basoeki di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu, 22 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komponen pengerjaan juga dengan memodifikasi lantai satu hingga tiga di tower 6 dan 7. Ruangan tersebut nantinya dijadikan sebagai rumah sakit darurat.
 
"Ada labnya, ada farmasinya, ada radiologinya, ICU, semua sudah siap," ungkap dia.
 
Baca:300 Relawan Siap Bertugas di Wisma Atlet
 
Peralatan medis yang digunakan untuk merawat juga sudah ditempatkan di ruangan masing-masing. Alat tersebut bersifat portable dan hari ini akan dipasang.
 
"Ini adalah bentuk sinergi kita. Wisma ini miliknya asetnya setneg, kami berbagi dari PUPR. Alatnya diisi oleh BUMN. Jadi semua masuk di sini termasuk TNI/Polri dan komando dari Gugus Tugas. Jad ini semua sudah 100 persen, tinggal instalasinya mau ditemmpatan di mana-di mana nanti diatur siang ini, malem gladi resik, besok kita akan mulai operasinya," sebut dia.
 
Selain itu, Basoeki menjelaskan jumlah tower yang digunakan untuk penanganan virus korona berjumlah 4 gedung. Selain rumah sakit, tower lainya juga difungsikan untuk tempat tinggal tenaga medis, personel Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
 
"Tower ketiga untuk dokter dan medis, tenaga pendukung semuanya. Tower 1 untuk gugus tugas dan relawan. Jadi saya kira semua kapasitasnya masing-masing 24 lantai sekitar 650 unit satu tower tergantung berapa orang yg akan masuk," ujar dia.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif