<i>Polystyrene</i> Diklaim Aman bagi Manusia
Industri menggunakan polystyrene. Foto: Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Karawang: Polystyrene foam (PS foam) atau yang sering disebut styrofoam untuk makanan diklaim aman bagi kesehatan manusia. Molekul polystyrene yang ada pada PS Foam tidak berbahaya sebagaimana molekul awalnya yang bersifat likuid, styrene.

"Jumlah stirena atau styrene dalam makanan pokok yang biasa dikonsumsi seperti kayu manis, kopi, kacang, itu sama dengan jumlah yang ada di dalam kemasan makanan yang terbuat dari polystyrene adalah 0-39 PPM (part per million)," kata dosen Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran Institut Teknologi Bandung (LTPM ITB) Akhmad Zainal Abidin di Surya Cipta Square, Karawang, Rabu, 2 Mei 2018.

Menurut dia, masyarakat selama ini dibuat salah persepsi oleh pemberitaan yang tidak benar. Direktur Kemasan Group Wahyudi Sulistya mengatakan masyarakat butuh diedukasi karena banyak keuntungan dari kemasan makanan dari bahan PS Foam


PS Foam, kata Wahyu, adalah kemasan makanan yang ringan, ekonomis, dan kuat. Ini akan menguntungkan penjualnya. PS foam juga bisa menjaga panas sehingga memenuhi standar keamanan.

"Pernah lihat menyeduh makanan di PS foam? Itu kan enggak panas ya kalo dipegang, berbeda sama plastik atau gelas atau mug," kata Wahyu.

Dia menekankan isu zat styrene luntur ketika disiram air panas tak sepenuhnya benar. Suhu panas yang bisa melunturkan molekul styrene di PS foam terdapat pada kisaran suhu 102 derajat celcius.

Baca: Industri Mamin Terus Berinovasi

Di sisi lain, PS foam juga diklaim ramah lingkungan. Bahan ini bisa didaur ulang asal dilakukan dengan benar. "Untuk polystyrene sendiri, produk tersebut dapat dipecah dan dijadikan kembali menjadi sebuah produk yang baru. Di sinilah letak sustainability-nya," kata Wahyu

Wahyu menambahkan sudah ada banyak jurnal dan penelitian yang menyebutkan styrofoam aman. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga pernah memverifikasinya dan dianggap memenuhi persyaratan. 

"Yang artinya PS foam memang layak untuk digunakan dan aman untuk kesehatan," kata Wahyu.




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id