Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Medcom Jumat

Ternyata Iblis Punya Banyak Prajurit, dari Urusan Syahwat hingga Penganjur Hoaks

Nasional islam Medcom Jumat Syiar Islam
Sasyi Niskala Sumaatmadja • 19 Maret 2021 11:54
Jakarta: Kalau nenek moyang dari umat manusia adalah Adam, berbeda halnya dengan jin. Nenek moyang dari bangsa jin, yakni iblis. Makhluk yang dahulunya bernama Naail atau Azazil ini diciptakan Allah dari nyala api.
 
Iblis merupakan makhluk pertama yang membangkang terhadap perintah Allah. Ia menolak untuk bersujud di depan Adam, karena menurutnya ia lebih mulia dari Adam.
 
Peristiwa itulah yang mengawali iblis akhirnya memutuskan untuk membenci Adam beserta anak cucunya. Ada tujuh ancaman yang dilontarkan oleh iblis untuk manusia. Empat di antaranya ada di Surat al-Nisa’ sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wa la udillannahum wa la umanniyannahum wa la amurannahum fa layubattikunna azanal-an’ami wa la amurannahum fa layugayyirunna khalqallah, wa may yattakhizisy-syaitana waliyyam min dunillahi fa qad khasira khusranam mubina.”
 
Artinya: “Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah, lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS al-Nisa’: 119).
 
Tiga lainnya tertuang dalam Surat al-A’raf yang berbunyi: “Qala fa bima agwaitani la aq’udanna lahun siratakal-mustaqim. Summa la atiyannahum mim baini aidihim wa min khalfihim wa ‘an aimanihim wa ‘an syama ilihim, wa la tajidu aksarahum syakirin.”
 
Artinya: “Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)’.” (QS Al-A’raf: 16-17).
 
Seperti halnya Adam, iblis juga memiliki keturunan untuk menggoda umat manusia. Dilansir dari NU Online, seorang pakar tafsir terkemuka, Imam Mujahid, seperti yang dikutip oleh Syekh Abdurrauf al-Manawi menyebutkan iblis memiliki prajurit yang bertugas sesuai bidangnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif