Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Kemenhub Kerahkan 7 Kapal Cari Pesawat Sriwijaya Air

Nasional pesawat hilang pesawat jatuh sriwijaya air
Theofilus Ifan Sucipto • 09 Januari 2021 20:36
Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengerahkan tujuh kapal untuk mencari pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak. Pesawat dengan call sign SJ 182 itu diduga jatuh di sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.
 
“Mengerahkan tujuh kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air,” kata Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Wisnu Wardana, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 9 Januari 2021.
 
Wisnu memerinci lima unit kapal di antaranya berasal armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok. Kapal itu, yakni KN Trisula P-111, KN Alugara P-114, KN Celurit P-203, KN Belati P 205, serta RIB SAR PLP Tanjung Priok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Basarnas Fokus Cari Titik Jatuh Pesawat Sriwijaya Air
 
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kepulauan Seribu bakal memberangkatkan dua kapal lainnya pada Minggu, 10 Januari 2021. Kapal itu terdiri dari kapal patroli KN 355 dan V S054.
 
Sementara itu, Direktur KPLP Kemenhub, Ahmad, menuturkan seluruh kapal bakal bergabung dengan tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Mereka bakal berada dalam satu komando.
 
“Untuk melakukan pertolongan dan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air,” papar Wisnu.
 
Pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pukul 14.39 WIB. Pesawat itu bernomor registrasi PK CLC dengan jenis Boeing 737-500. 
 
Posisi terakhir pesawat itu ada di 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tepatnya di sekitar Kepulauan Seribu. Pesawat tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki.
 
Pesawat yang diduga jatuh itu mengangkut 50 penumpang dan 12 kru. Maskapai Sriwijaya Air masih menghubungi berbagai pihak untuk mencari informasi lengkap mengenai insiden ini.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif