Ambisi Ambon Menjadi Kota Musik Dunia

Fauzan Hilal 15 November 2018 12:31 WIB
musik
Ambisi Ambon Menjadi Kota Musik Dunia
Ilustrasi--Refleksi sejumlah anak berpose dengan latar belakang tugu pahlawan nasional Pattimura, di Ambon, Maluku. Foto: Antara/Jimmy Ayal
Ambon: Kota Ambon berambisi menjadi kota musik dunia pada 2019. Bermodal budaya dan telenta warganya dalam bermusik, Ambon diyakini mampu mewujudkan hal tersebut.

Sekertaris Kota Ambon Anthony Gustav Latuheru mengatakan, Ambon memiliki semua hal dalam budaya musik. Musisi Ambon tak hanya berprestasi di tingkat lokal tapi juga nasional bahkan internasional.

"Menghadirkan musisi nasional dan internasional, menjadi jalan keluar bahwa Ambon layak diakui kota musik dunia," kata Anthony saat membuka Amboina International Bamboo Music Festival 2018, Rabu, 15 November 2018.


Anthony berharap semua warga menjadi duta Ambon. Mengabarkan pada dunia keramahan dan keindahan Kota Ambon. "Semua orang harus tahu kondisi Ambon sebenarnya. Kita tidak ingin  mengenang masa lalu. Kita ingin maju bersama kota lain," ujarnya.

Baca: Ambon Layak Menjadi Kota Musik Dunia

Anthony mengatakan, suling bambu akan menjadi ciri khas Kota Ambon yang mendunia. "Setiap tahun kita buat lomba suling bambu, baik regional maupun nasional. Kita sosialisasikan, kita promosikan, Pancasila rumah kita," katanya.

Anthony menyadari pengadaan suling bambu tidak mudah. Namun, pihaknya sudah meminta pada pengrajin bambu untuk menyediakan itu semua. "Satu pohon bambu hanya bisa dibuat dua suling. Ditebang, ditanam bibit baru," ujarnya.

Anthony ingin budaya Ambon mendunia dengan citra warganya yang ramah dan mengedepankan pluralisme. "Jika menemukan yang masih kurang, kasih tahu kami agar bisa kami benahi. Jika menemukan yang baik, biar kami yang paling terakhir tahu, agar kami terus belajar dan menjadi kota maju," kata Anthony.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id