Ilustrasi pemantauan hilal. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati.
Ilustrasi pemantauan hilal. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati.

BMKG Lakukan Pemantauan Hilal di 31 Titik

Nasional hilal hari raya idul fitri BMKG Lebaran 2022
Arga sumantri • 01 Mei 2022 09:23
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan melakukan pemantauan hilal 1 Syawal 1443 Hijriah sore nanti. Tim pemantauan hilal BMKG tersebar di 31 titik.
 
"BMKG hari ini di 31 lokasi seluruh Indonesia akan melakukan pengamatan hilal, terdiri dari 33 tim," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono dalam Metro Pagi Primetime, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Rahmat mengatakan tak ada persiapan khusus soal pemantauan hilal sore nanti. Sebab, BMKG aktivitas ini memang rutin dilakukan setiap tahun. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah lokasi yang menjadi titik pemantauan hilal tim BMKG antara lain Jayapura, Ambon, Manado, Ternate, Gorontalo, dan Balikpapan. Kemudian, Padang, Medan, Tapanuli, dan sejumlah wilayah lain.
 
"Kami juga melakukan pemantauan hilal di Anyer. Di sana ada tiga tim," ujar Rahmat.
 
Baca: Ketinggian Hilal di Sabang Diprediksi 6,4 Derajat
 
BMKG berkoordinasi dengan kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan organisasi kemasyarakatan (ormas) islam setempat. Hasil pengamatan hilal BMKG bisa disaksikan secara live streaming.
 
Berdasarkan data BMKG, besar kemungkinan hilal 1 Syawal 1443 Hijriah akan terlihat. Ketinggian hilal diperkirakan sudah lebih dari 3 derajat.
 
Dengan begitu, kemungkinan besar lebaran akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Artinya, perayaan idulfitri tahun ini berpotensi serentak antara pemerintah dan Muhammadiyah.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif