Wakil Ketua DPD Nono Sampono. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Wakil Ketua DPD Nono Sampono. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

DPD Percaya Pelarangan Cadar Tak Menyangkut Keyakinan

Nasional menag syariat islam
Arga sumantri • 02 November 2019 15:21
Jakarta: Wakil Ketua DPD Nono Sampono merespons polemik wacana larangan cadar atau niqab di instansi pemerintah. Nono menilai pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi tak bermaksud membahas aspek keyakinan.
 
"Kepentingan pelayanan saja. Tidak sampai menyangkut keyakinan dan sebagainya," kata Nono di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 2 November 2019.
 
Nono mengaku mendengar dan melihat langsung pernyataan Menag soal penutup wajah yang kemudian menjadi polemik. Nono menegaskan Menag tak bermaksud spesifik pada cadar atau niqab. Ia menilai ada salah tafsir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya melihatnya masalah pelayanan bagaimana agar melayani masyarakat itu wajahnya jangan sampai ditutup," ujarnya.
 
Wacana larangan menggunakan cadar dan celana cingkrang pertama kali disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi. Fachrul beralasan pelarangan tersebut demi keamanan usai insiden penusukan mantan Menko Polhukam Wiranto.
 
"Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang niqab, tapi melarang masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan," kata Fachrul saat Lokakarya 'Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid' di Hotel Best Western, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Fachrul menekankan penggunaan cadar tak ada hubungannya dengan keimanan. "Kita ingin memberikan kejelasan itu bukan ukuran tingginya iman dan takwa seseorang," tutur Fachrul.
 
Presiden Joko Widodo tak mempersoalkan penggunaan cadar atau niqab, dan celana cingkrang di instansi pemerintahan. Dia menilai penampilan tersebut merupakan pilihan atau hak individu.
 
"Pilihan personal atau kebebasan pribadi setiap orang," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif