Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Wisatawan Terdampak Gempa Lombok Sudah Dievakuasi

Nasional Gempa Lombok
Candra Yuri Nuralam • 18 Maret 2019 16:31
Jakarta: Wisatawan yang terjebak di Air Terjun Tiu Kelep, Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara akibat gempa sudah dievakuasi. Tiga orang meninggal.
 
"Dua orang WNA Malaysia dan satu orang warga Bayan KLU meninggal dunia. Saat ini para wisatawan yang terjebak sudah dievakuasi semua," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Gedung BNPB, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin, 18 Maret 2019.
 
Korban luka atas kejadian itu langsung dibawa ke rumah sakit dan puskesmas terdekat. Ini untuk mendapatkan pengobatan intensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada saat kejadian gempa ada sekitar 56 orang tim survei jalur pendakian Rinjani terdiri dari TNGR, BPBD NTB, Porter, Geopark, Orplas, PVMBG, TO, TNI, POLRI (28 orang Jalur Senaru dan 28 orang Jalur Sembalun), saat ini Kedua Tim tersebut sudah berada di posisi yang aman," ujar Sutopo.
 
(Baca juga:Warga Jadi Korban Gempa, Kedubes Malaysia Lakukan Identifikasi)
 
Saat ini BPBD Kabupaten sudah mengerahkan TRC ke lokasi terdampak untuk melakukan kaji cepat dan pendataan serta melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi NTB. Evakuasi dilakukan dengan cepat.
 
"Tim BPBD KLU dan PMI melakukan evakuasi di Air Terjun Tiu Kelep. BPBD setempat juga melakukan pemantauan dampak gempa," tutur Sutopo.
 
Evakuasi dilakukan dengan membawa bahan pangan untuk korban. Tenda darurat disiapkan untuk sementara.
 
"BPDB Provinsi NTB memonitor dan melakulan koordinasi BPDB Kabupaten Lombok Timur dan mengirimkan bantuan pertama berupa terpal, lauk pauk, matras, selimut, mie dan telur," ujar Sutopo.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif