3 Peserta Reuni 212 Pingsan
Ilustrasi--peserta aksi reuni 212 memadati sejumlah ruas jalan sekitar Monumen Nasional--Medcom.id/Marcheilla Ariesta.
Jakarta: Peserta aksi reuni 212 memadati sejumlah ruas jalan sekitar Monumen Nasional, termasuk Gambir, Jakarta Pusat. Banyaknya peserta dan cuaca terik, menyebabkan tiga peserta aksi reuni 212 pingsan.

Pantauan Medcom.id, Minggu, 2 November 2018, sebanyak tiga orang pingsan dibawa ke rumah sakit terdekat dengan ke mobil ambulans.

Sementara itu, beberapa peserta reuni 212 yang tak kuat berjalan hingga ke Monas, memilih beristirahat di trotoar jalan.


"Banyak banget orangnya, saya membawa dua anak-anak. Daripada tergencet orang, kita beristirahat saja di sini," kata Rina, salah seorang peserta aksi kepada Medcom.id.

Baca: Massa Reuni 212 Mulai Bubarkan Diri

Hal yang sama juga dilakukan Hesti. Dia telah mempersiapkan tikar dan makanan agar dapat beristirahat. "Kita sudah perkirakan hal ini," kata Hesti.

Sebelumnya, Lalu Lintas dari Jalan Jatibaru Raya hingga Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, lumpuh. Luas jalan tidak mampu menampung banyaknya peserta aksi Reuni 212.

Hal ini diperparah banyak kendaraan yang parkir di bahu dan badan jalan. Untuk menuju Gedung Bank Indonesia saja, butuh waktu sekitar 45 menit dengan berjalan kaki.

Padahal, bila lalu lintas normal, waktu tempuh dari Stasiun Tanah Abang menuju Monas tak lebih dari 15 menit. Hal ini dikarenakan jalanan macet total dan berdesak-desakan.

Ketua Media Center Reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mengklaim reuni akbar 212 dihadiri jutaan orang. Peserta reuni akan memadati kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

"Kami perkirakan yang hadir pada hari ini sebanyak tiga juta peserta, sama seperti tahun sebelumnya," ujar Novel seperti dilansir Antara, Minggu, 2 Desember 2018.

Dia menyatakan aksi reuni sekarang berkaitan dengan komitmen umat Islam untuk menjaga Pilpres 2019 yang penuh dengan kedamaian.

Aksi ini juga diklaim sebagai ajang wisata religi yang dapat dihadiri pemeluk agama manapun. Dia memastikan, tidak ada agenda politik dalam aksi ini.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id