Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

MUI Keluarkan Fatwa Halal Vaksin Sinovac

Nasional mui Virus Korona bpom vaksinasi vaksin covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 11 Januari 2021 20:51
Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa halal terhadap vaksin covid-19 produksi Sinovac, Tiongkok, yang digunakan di Indonesia. Fatwa ini dikeluarkan seiring penerbitan izin pemakaian darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
"Secara simultan MUI melalui Komisi Fatwa juga melakukan finalisasi terkait dengan vaksin covid ini dan alhamdulillah fatwa sudah ditandatangani juga," kata Ketua Komisi Fatwa Asrorun Ni’am Sholeh dalam konferensi pers virtual, Senin, 11 Januari 2021
 
Fatwa itu dicatat dalam Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science China dan PT Bio Farma. Penyebutan PT Bio Farma karena ada proses produksi vaksin di perusahaan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: BPOM Sebut Efek Samping Vaksin Sinovac Ringan
 
Menurut Ni'am, penerbitan fatwa ini mempertimbangkan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis nabi. MUI juga menengok kaidah-kaidah fikih serta pandangan para ulama.
 
"Sehingga vaksin boleh digunakan untuk umat Islam sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten," ucap dia.
 
Kredibilitas dan kompetensi yang dimaksud, yakni terkait kelembagaan BPOM. Lembaga itu dinilai memiliki otoritas secara institusional untuk menegaskan keamanan dan khasiat vaksin.
 
"Bahwa vaksin covid-19 produksi Sinovac ini suci dan halal, tetapi penggunaannya itu masuk kualifikasi tayib karena tergantung dengan hasil kajian yang dilakukan oleh BPOM," ucap dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif