Beberapa anggota Polres Jakarta Selatan tengah olah TKP lift jatuh di Blok M Square. Foto: MTVN/Riyan Ferdianto
Beberapa anggota Polres Jakarta Selatan tengah olah TKP lift jatuh di Blok M Square. Foto: MTVN/Riyan Ferdianto

Konsumen Indonesia Kurang Edukasi

M Sholahadhin Azhar • 22 Maret 2017 23:03
medcom.id, Jakarta: Jatuhnya lift di pusat perbelanjaan Blok M Square memberi pelajaran berharga tentang buruknya kebiasaan konsumen Indonesia. Sikap tidak disiplin dalam menggunakan fasilitas sehari-hari bukti kurangnya edukasi konsumen.
 
"Consumer awareness (kesadaran konsumen) kurang, apa yang boleh apa yang tidak boleh dilakukan. Ini tidak pernah ada edukasi," ujar Pengurus Harian YLKI, Sudaryatmo, kepada Metrotvnews.com, Rabu 22 Maret 2017.
 
Sudaryatmo menilai pendidikan konsumen ini harus sejak dini diperkenalkan. Bahkan, kata dia, harus dimulai sejak Taman Kanak-kanak. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anak-anak harus diajari bagamaina memasuki bangunan tinggi, masuk lift dan beragam edukasi penggunaan fasilitas umum lainnya. Selain itu pemerintah juga harus peduli dengan desain peringatan dini dan jaringan laporan untuk fasilitas yang dianggap rawan.
 
"Termasuk nomer untuk hot call. Jadi meski petugas punya supervisi, tapi mata masyarakat kan lebih banyak," kata Sudaryatmo.
 
Pendidikan itu sebenarnya berpengaruh terhadap sikap dan kesadaran masyarakat. Bahkan jika sistem fasilitas itu sama namun berbeda cara kerjanya, masyarakat bisa menilai dan bertindak sesuai prosedur. Kontrol penuh sebenarnya berada di tangan masyarakat.
 
Terkait edukasi bagi konsumen, ia mencontohkan uji kelayakan alarm kebakaran yang dilakukan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta. Tiap Jumat alarm tanda kebakaran menyala, kejadian itu sering mengagetkan masyarakat yang sedang mengurus Visa di sana. 
 
Situasi kembali cair ketika petugas memberi info bahwa hal tersebut hanya bersifat uji coba. Cara serupa ini perlu dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.
 
"Kalau di Jakarta itu di Gedung Kedutaan Inggris, tiap hari Jumat jam 10 itu alarm dites. Setiap Jumat begitu, untuk menguji alarm berfungsi," ujarnya.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif