Polisi berjaga. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Polisi berjaga. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

1.904 Lokasi Dijaga Ketat di Malam Pergantian Tahun

Nasional perayaan tahun baru
Dian Ihsan Siregar • 28 Desember 2018 17:15
Jakarta: Kepolisian akan fokus menjaga 1.904 lokasi di seluruh Indonesia pada malam pergantian tahun ke 2019. Lokasi-lokasi itu adalah objek wisata, hotel, pantai, terminal, bandar udara (bandara), stasiun dan sebagainya.
 
"Kalau natal fokus pengamanan gereja, sementara malam tahun baru sasarannya objek wisata yang dijadikan tempat perkumpulan banyak orang. Itu yang akan diamankan," ucap Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada Medcom.id, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Kepolisian, kata Dedi, juga akan mengamankan jalur darat sepanjang Jakarta sampai dengan Surabaya. Penjagaan juga difokuskan dari Jakarta hingga Lampung. "Kita akan diamankan arus mudik dan balik. Dua gelombang itu yang akan kita jaga," jelas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pengamanan tahun baru masuk dalam Operasi Lilin 2018 yang digelar 22 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019. Setidaknya, ada 80 ribu personel yang dikerahkan untuk menyambut malam pergantian tahun baru 2019. Jumlah itu terdiri dari 50 ribu personel gabungan polisi dan TNI, sedangkan sisanya 30 ribu datang dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pemadam Kebakaran.
 
Baca: 20 Ribu Personel Jaga Pergantian Tahun di DKI
 
"Jadi semua itu yang akan terlibat dalam pengamanan malam tahun baru nanti. Harapannya, masyarakat juga bisa membantu pihak keamanan dalam malam pergantian tahun baru 2019," tutur dia.
 
Dedi menambahkan puncak arus mudik akan terjadi pada 28-29 Desember 2018. Sementara itu, arus balik akan terjadi pada 2 Januari 2019.
 


 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif