Menteri PPPA Yohanna Yambise di MK/Medcom.id/Dheri Agriesta
Menteri PPPA Yohanna Yambise di MK/Medcom.id/Dheri Agriesta

Putusan Usia Minimal Pernikahan Kado untuk Anak Indonesia

Nasional uu perkawinan
Dheri Agriesta • 26 Desember 2018 16:41
Jakarta: Putusan Mahkamah Konstitusi soal uji materi usia minimal pernikahan menjadi kado buat masyarakat Indonesia. MK membatalkan aturan batas usia minimal 16 tahun bagi perempuan untuk menikah yang tercantum dalam Pasal 7 ayat (1) UU 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan).
 
"Karena ini adalah kado Hari Ibu termasuk kado anak-anak Indonesia dengan adanya keputusan ini," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018.
 
Baca: Menteri Yohana Ingin Usia Minimal Pernikahan 20 Tahun

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian PPPA segera menindaklanjuti putusan itu. Yohana juga bakal melaporkan putusan tersebut kepada Presiden Joko Widodo.
 
"Sekaligus juga akan melakukan pendekatan kepada pihak Parlemen, sehingga secepatnya kita bisa muncul dengan satu kesepakatan bersama," kata Yohana.
 
Yohana bertamu ke MK sekaligus mengapresiasi putusan mereka. Yohana diterima Ketua MK Anwar Usman di lantai 15 Gedung MK. Anwar didampingi hakim konstitusi Saldi Isra dan Suhartoyo. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam.
 
Baca: Putusan Batas Usia Perempuan Menikah Dinilai Berkeadilan
 
MK menganggap Pasal 7 ayat 1 sepanjang frasa usia 16 tahun, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat. MK menyatakan ketentuan pasal tersebut masih tetap berlaku sampai dilakukan perubahan paling lama tiga tahun setelah putusan diucapkan.
 
"Memerintahkan kepada pembentuk undang-undang untuk dalam jangka waktu paling lama tiga tahun melakukan perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan khususnya berkenaan dengan batas minimal usia perkawinan bagi perempuan," Ketua Mahkamah Konsitusi Anwar Usman di Gedung MK Jakarta, Sabtu, 15 Desember 2018.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi