Dirjen Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni (tengah). Dokumentasi/ istimewa
Dirjen Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni (tengah). Dokumentasi/ istimewa

Ditjen Bina Keuda Komitmen Perkuat Fungsi Kehumasan

Deny Irwanto • 15 Juni 2022 23:30
Jakarta: Direktorat Jenderal Kementerial Bina Keuangan Daerah (Ditjen Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan percepatan pelaksanaan publikasi informasi di lingkup Ditjen Bina Keuda.
 
Dirjen Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni, mengatakan pihaknya telah mengusulkan kepada Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) ihwal penambahan fungsi kehumasan pada Sekretariat Ditjen Bina Keuda.
 
"Hal ini dapat menjadi acuan bagi Ditjen Bina Keuda untuk menjalankan tugas dan fungsi kehumasan, serta direktorat diharapkan menyusun press release atas pelaksanan kegiatan unit kerja masing-masing dan disampaikan kepada sekretariat kehumasan," kata Fatoni di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Baca: Dirjen Bina Keuda Dorong Jajarannya Jaga Akuntabilitas dan Intergritas
 
Fatoni juga mengaku telah mengusulkan pula jabatan fungsional pranata humas kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
 
"Terbukti, Ditjen Bina Keuda terbilang cukup masif terkait pemberitaan media online. Berdasarkan data yang terhimpun hingga 13 Juni 2022, pemberitaan di lingkup Ditjen Bina Keuda tercatat sebanyak 2.309 berita yang telah dipublikasikan di berbagai media online, baik media nasional, lokal, website Ditjen Bina Keuda maupun media daerah," jelas Fatoni.
 
Jumlah berita tersebut dengan rincian, Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah sebanyak 889 berita, Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah sebanyak 429 berita, Direktorat Pendapatan Daerah sebanyak 240 berita, Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah sebanyak 179 berita, serta Direktorat BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah sebanyak 189 berita.
 
"Sementara itu, media sosial Ditjen Bina Keuda telah dioptimalkan untuk publikasi melalui berbagai kanal seperti Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter," ungkao Fatoni.
 
Menurut dia berdasarkan tren perkembangan media digital, Ditjen Bina Keuda lebih mengoptimalkan penggunaan media Instagram dan Youtube sebagai media publikasi. Tercatat hingga 13 Juni 2022, Instagram Ditjen Bina Keuda telah memiliki 13.135 pengikut dan 334 konten.
 
Sedangkan untuk kanal Youtube, tercatat telah memiliki 17.773 subscriber dengan sebanyak 103 video yang telah dipublikasikan. Fatoni menuturkan selain media tersebut, Ditjen Bina Keuda juga telah memanfaatkan podcast sebagai sarana publikasi untuk memberikan berbagai informasi seputar pengelolaan keuangan daerah.
 
Menurut Fatoni pengelolaan kehumasan Ditjen Bina Keuda telah diimplementasikan ke berbagai kanal. Hal ini seperti publikasi berita rutin, pemanfaatan media sosial, podcast, serta webinar yang menyediakan sertifikat bagi peserta.
 
"Hingga 24 Mei 2022 Ditjen Bina Keuangan Daerah telah menggelar Webinar Series Keuda Update ke-18 dengan total views 137.700, dan memberikan serifikat kepada peserta webinar sebanyak 14.073," ujar Fatoni.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(DEN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan