Ilustrasi internet. Medcom.id
Ilustrasi internet. Medcom.id

Jaringan Internet di 5 Destinasi Super Prioritas Terus Ditingkatkan

Nasional akses internet Media Group News Summit Indonesia 2021
Kautsar Widya Prabowo • 29 Januari 2021 04:38
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah berusaha maksimal menghadirkan jaringan internet yang memadai di lima destinasi super prioritas. Lima destinasi itu, ialah Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.
 
Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kominfo Anang Latif menjelaskan jaringan internet di lima destinasi tersebut memiliki kualitas beragam. Kualitas ditentukan berdasarkan kondisi geografis di setiap daerah.
 
"Danau Toba kualitasnya bintangnya (sinyal) 4,5 artinya masih ada PR sedikit, mengingat kontur di Danau Toba ini cukup berliku banyak tumbuh destiniasi-destinasi kecil baru yang akhirnya kekurangan sinyal, sinyalnya perlu diperbaiki," ujar Anang dalam acara Media Group News Summit Indonesia 2021 (MGN Summit) dengan tema 'Wonderful Indonesia: Reviving The Tourism Industry' secara virtual, Kamis, 28 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, jaringan internet di lokasi wisata Borobudur telah tersedia dengan baik. Sedangkan, di Mandalika belum tersedia.
 
Namun, dia memastikan tidak membutuhkan waktu lama seluruh daerah di tempat wisata itu mendapat jaringan internet. "Mandalika ini konturnya lebih mudah, flat ya sehingga untuk lengkapi bintang lima (jaringan internet memadai) tidak membutuhkan effort yang berat," papar dia.
 
(Baca: Sandiaga Bakal Gercep Jangkau 5 Destinasi Super Prioritas hingga Akhir Tahun)
 
Selanjutnya, jaringan internet di Labuan Bajo belum mencangkup seluruh daerah. Jaringan internet secara baik akan terlaksana pada 2021.
 
Anang mengaku kondisi jaringan internet paling rendah di Likupang. Hal tersebut dipicu ketertinggalan pembangunan infrastruktur penunjang jaringan internet.
 
"Ini jadi PR kami bersama operator telekominikasi bagaimana meningkatkan (jaringan internet) seiring dengan (pembangunan) infrastruktur lainnya, jalan, hotel. Sehingga pada saatnya (infrastruktur) siap, kita akan hadir dengan kekuatan sinyal yang memadai," papar dia.
 
MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Setiap sesi, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli.
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ialah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.
 
Empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif