Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Epidemiolog: Kasus Covid-19 di Indonesia Sudah Genting

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Penularan covid-19 PSBM ppkm PPKM Darurat
Nur Aivanni • 22 Juli 2021 05:10
Jakarta: Epidemiolog UI Tri Yunis Miko menyebut kondisi kasus covid-19 di Indonesia sudah genting. Perbandingannya satu dari dua orang di Jakarta sudah terinfeksi covid-19.
 
"Sekarang perbandingannya satu banding dua di Jakarta atau satu banding tiga di luar Jakarta. Sekarang adalah tahap yang genting," kata Tri dalam journalist on duty Media Indonesia yang bertajuk setelah PPKM diperpanjang, Rabu, 21 Juli 2021.
 
Dia menyayangkan langkah pemerintah yang hanya memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat hingga 25 Juli 2021. Dia menilai batas waktu itu tidak cukup untuk menekan kasus covid-19. "Tidak cukup, semuanya harusnya terukur," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pemerintah harus mengukur indikator partisipasi masyarakat. Dia menilai intervensi apa pun akan sia-sia jika tidak ada alat ukurnya. Masyarakat juga harus berpartisipasi 100 persen dalam menurunkan kasus covid-19.
 
"Kalau semuanya di rumah, enggak pergi, diam di rumah selama dua minggu, saya jamin kasus covid akan menurun," ucap dia.
 
Baca: Kemenkes: Hanya 5 Daerah Capai Target Testing 90%
 
Sementara itu, Lurah Lenteng Agung Bayu Pasca Soengkono merasakan manfaat PPKM darurat. Seminggu sebelum PPKM darurat ada 450 kasus aktif di wilayahnya. Setelah ada PPKM darurat, kasus aktif itu bisa berkurang.
 
Dia setuju perlu kerja sama dari semua pihak dalam menghadapi covid-19, baik elemen masyarakat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. "Kalau kita tidak sama-sama, mau PPKM darurat diperpanjang sampai sebulan pun, saya yakin covid ini tidak akan mereda atau tidak akan tertangani, bahkan semakin banyak yang akan terpapar covid," tutur Bayu.
 
Di samping itu, Bayu menyampaikan pihaknya masih perlu kerja keras untuk mencapai target vaksinasi 90 persen. "Kita baru di angka 55 persen tercapai. Kita keterbatasan nakes," ucap dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif