NEWSTICKER
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

Demokrat Dukung KPK Pantau Pemilihan Wagub DKI

Nasional cawagub dki Pengganti Sandiaga Uno
Media Indonesia, Putri Anisa Yuliani • 24 Februari 2020 09:16
Jakarta: Partai Demokrat DKI Jakarta mendukung pelibatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI. Lembaga Antikorupsi bisa mengawasi pemilihan agar bebas dari praktik korupsi dan konflik kepentingan.
 
"Oh iya saya dukung sekali. Isu ini memang sangat sensitif. Kami juga ingin membuktikan bahwa tidak ada apa-apa dalam pemilihan ini. Hal ini perlu dibuktikan dengan pelibatan KPK," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari fraksi Partai Demokrat, Misan Samsuri saat dihubungi Media Indonesia, Minggu, 23 Februari 2020.
 
Misan akan berupaya agar KPK dilibatkan dalam proses pemilihan wagub DKI. Usulan ini akan disuarakan Misan kepada jajaran pimpinan DPRD dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) selanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misa mengaku belum mengendus adanya politik transaksional dalam pemilihan wagub. "Sejauh ini saya belum melihat ada tanda itu. Semua berjalan normatif saja," ucap dia.
 
Demokrat Dukung KPK Pantau Pemilihan Wagub DKI
Ilustrasi Balai Kota. Foto: Medcom/Candra Yuri Nuralam
 
Isu politik uang muncul dari hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP). Kekhawatiran ini karena pemilihan wagub dilakukan oleh DPRD DKI melalui voting tertutup.
 
Hasil survei juga menunjukan keinginan responden agar KPK dilibatkan dalam proses pemilihan wagub. Pelibatan KPK dianggap penting agar proses pemilihan berjalan dengan baik dan bebas dari praktik rasuah.
 
Ada dua kandidat wagub yang akan dipilih oleh DPRD DKI Jakarta berdasarkan UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada yakni Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif