Posko terpadu di lokasi gusuran Sunter, Jakut. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Posko terpadu di lokasi gusuran Sunter, Jakut. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Korban Gusuran Sunter Ditawarkan Pindah ke Rusun Marunda

Nasional penggusuran
Yurike Budiman • 20 November 2019 06:56
Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) menawarkan fasilitas unit rumah susun (rusun) dan sekolah bagi korban penggusuran di Sunter. Mereka akan dibantu pindah dari Jalan Agung Perkasa VIII, Sunter, ke Rusun Marunda.
 
"Ada 160 unit hunian rusun yang siap menampung warga." kata Wali Kota Jakut Sigit Wijatmoko, di Jakarta, Selasa, 19 November 2019.
 
Pemkot Jakut pun memastikan anak-anak warga Sunter tetap bisa bersekolah. Mereka bisa meneruskan bangku pendidikan dari tingkat TK, SD, dan SMP di Rusun Marunda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian SMAN 114 dan SMKN 49 yang lokasinya berada di wilayah Kecamatan Cilincing," kata Sigit.
 
Berdasarkan pantauan, ada dua posko terpadu di lokasi penggusuran bagi para warga yang mau mendaftarkan diri untuk direlokasi ke Rusun Marunda. Posko itu juga menjadi tempat memberikan informasi dan mendata warga yang berminat direlokasi.
 
Sigit menjelaskan Pemkot juga menawarkan sejumlah program pelatihan bagi para warga untuk beralih profesi dari sebelumnya menjual barang rongsokan. Pasalnya, profesi penjual rongsokan memiliki pendapatan yang tidak pasti.
 
"Konsep penataan ini juga untuk meningkatkan taraf dan derajat kehidupan masyarakat. Alternatif pilihan yang kami sampaikan sekali lagi ini bukanlah sesuatu yang sekadar memindahkan dari titik A ke titik B. Kami rancang sedemikian rupa, memastikan bahwa mereka bisa memiliki pendapatan yang tetap," jelas Sigit.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif