Penebangan pohon di Sunter, Jakarta Utara. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Penebangan pohon di Sunter, Jakarta Utara. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Tanah Gusuran di Sunter Ditanami Pohon Tabebuya

Nasional penghijauan
Yurike Budiman • 19 November 2019 15:15
Jakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menanam pohon tabebuya kuning di lokasi pembongkaran bangunan liar, Jalan Agung Perkasa VIII, Sunter Agung, Tanjung Priok. Sebanyak 50 pohon tabebuya kuning ditanam sebagai bentuk penghijauan.
 
"Di sepanjang jalan ini ditanam jarak antarpohon sekitar lima meter," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kehutanan Jakarta Utara Putut Widya Martata di Jalan Agung Perkasa VIII, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 19 November 2019.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id, para petugas telah menebang pohon kering di sepanjang jalan tersebut sejak pagi. Setelah penataan, pohon tabebuya baru ditanam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bekerja sama dengan Sudin Bina Marga dan Sumber Daya Air untuk melihat peta lahan kosong untuk media tanam," kata Putut.
 
Tak hanya menanam pohon tabebuya kuning, pihaknya juga akan menanam tanaman dalam media pot. Hal ini dilakukan agar mengurangi dampak polusi udara di sekitar jalan tersebut.
 
"Jenis tanamannya yang menyerap polutan dan berbunga sehingga lebih terlihat indah dipandang," pungkas Putut.
 
Tanah Gusuran di Sunter Ditanami Pohon Tabebuya
Pohon tabebuya di Surabaya. Dok: humas.surabaya.go.id
 
Pohon tabebuya menjadi sorotan belakangan ini, khususnya di Surabaya, Tawa Timur. Pasalnya, pohon yang bunganya mirip sakura ini memang sedang bermekaran di bulan ini. Pohon tabebuya atau terompet emas berasal dari Brasil dan termasuk jenis pohon besar.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif