Ilustrasi uji emisi kendaraan/Medcom.id/Chris
Ilustrasi uji emisi kendaraan/Medcom.id/Chris

Sanksi Tilang Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Ditunda

Putri Anisa Yuliani • 08 November 2021 14:05
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menunda sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Rencana awal sanksi tilang kendaraan tersebut dikenakan pada 13 November 2021.
 
"Karena memang dirasa kesiapan jumlah kendaraan yang sudah diuji emisi kan masih sangat sedikit. Jadi akan kita tunda, dan penundaanya sampai kapan, mudah-mudahan sih di awal Januari tahun depan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto di Balai Kota, Senin, 8 November 2021.
 
Dengan penundaan ini, Dinas LH memperpanjang masa sosialisasi uji emisi bagi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak di Ibu Kota. Hal tersebut sesuai Pergub Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita akan terus sosialisasi karena memang dirasa, kemarin juga sempat ada kejadian di beberapa titik itu, kan waktu kita adakan uji emisi gratis masih bikin kemacetan di barat. Kemudian di kantor LH sendiri," kata Asep.
 
Baca: Kendaraan Tak Ikut Uji Emisi Bisa Ditilang
 
Antusiasme masyarakat yang ingin melakukan uji emisi cukup tinggi, namun masih berbanding terbalik dengan lokasi penyedia jasa uji emisi. Menurut Asep, pihaknya belum dapat menyediakan lokasi uji emisi gratis secara masif.
 
Dinas LH akan menggandeng bengkel resmi menyediakan uji emisi secara berbayar. Saat ini, pihaknya fokus sosialisasi.
 
"Memang masyarakat banyak yang minta ke kita juga tolong lebih dimasifkan dulu sosialisasinya. Kemudian bengkel uji emisi ditambah lagi supaya masyarakat bisa tetap bisa melakukan uji emisi tanpa harus antre seperti saat ini," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif