Balai Kota DKI Jakarta. MI/Arya Manggala.
Balai Kota DKI Jakarta. MI/Arya Manggala.

Walhi Desak Anies Fokus Benahi Lingkungan Jakarta

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Kautsar Widya Prabowo • 08 Januari 2020 15:02
Jakarta: Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesdan fokus mengeluarkan kebijakan berpihak kepada lingkungan. Sebanyak 17 kebijakan tentang lingkungan yang telah dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum bisa mengatasi krisis.
 
Juru kampanye Pemulihan Lingkungan Hidup dan HAM Walhi DKI Jakarta Rehwinda Naibaho mengatakan banyak masyarakat yang terpapar pencemaran sungai dan udara. Ia pun meminta pemerintah mengeluarkan kebijakan yang tepat.
 
"Kebijakan yang dikeluarkan (Gubernur) Anies itu belum menjawab krisis pencemaran dan belum menjamin masyarakat mendapatkan kehidupan yang layak di Jakarta," ujar Rehwinda dalam Tinjaun Lingkungan Hidup 2020 di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rehwinda meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melibatkan masyarakat dalam menyusun dan mengevaluasi kebijakan. Masyarakat, kata dia, lebih paham kondisi lingkungan.
 
"Gubernur harus melibatkan masyarakat, karena di sungai, punya konsep naturalisasi tapi dalam praktiknya masyarakat tidak dilibatkan. Padahal masyarakat yang tau apa sih masalahnya, butuh apa," jelasnya.
 
Walhi juga meminta Pemprov DKI melindungi masyarakat pesisir Jakarta yang terancam akibat reklamasi. Masyarakat pesisir juga terancam dengan beberapa proyek privatisasi pulau di Teluk Jakarta.
 
"Seperti di Pulau Pari terancam privitisasi juga, masyarakat Muara Angke dalam reklamasi," kata Rehwinda.
 
Pemprov DKI diminta tak sembarangan membangun. Keselamatan juga tetap diperhatikan. Ia menyoroti jumlah setu yang beralih menjadi permukiman.
 
"Kita harus mendorong pemerintah fokus melindungi ruang hidup mereka (masyarakat). Gubernur Anies kerjanya harus bareng-bareng, enggak cuman kerja secara pemerintahan," pungkasnya.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif