Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Medcom.id/Damar Iradat.
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Medcom.id/Damar Iradat.

Luhut Angkat Tangan Soal IMB Pulau Reklamasi

Nasional reklamasi teluk jakarta
Damar Iradat • 24 Juni 2019 17:30
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan angkat tangan terkait penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) di Pulau Reklamasi yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Luhut menyerahkan proses reklamasi kepada Anies.
 
"Saya enggak mau bersilang pendapat dan saya enggak mau bermain kata-kata. Jelas sudah semua dulu yang saya pernah katakan. Sekarang itu sudah gubernur, biarin aja lah, biar gubernur yang ngurus," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.
 
Baca juga: Anies Yakin Penerbitan IMB Reklamasi Sesuai Aturan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luhut menilai penerbitan IMB tak lebih baik dari usulan yang pernah disampaikannya beberapa waktu lalu. Namun, Luhut enggan membeberkan usulan yang dimaksud.
 
"Dulu sudah saya jelaskan semua. Dan apa yang terjadi sekarang saya pikir tidak lebih baik daripada apa yang dulu kita usulkan," jelasnya.
 
Anies mengeluarkan IMB ratusan gedung yang ada di empat pulau reklamasi. Padahal, belum ada peraturan daerah yang mengatur tentang tata ruang dan zonasi.
 
Anies menggunakan payung hukum lain mengeluarkan IMB pulau reklamasi. Dasar hukum itu ialah Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2005 Pasal 18 ayat 3. Aturan itu menyebut kawasan yang belum memiliki RTRW dan rencana detail tata ruang (RDTR) maka pemda dapat memberikan persetujuan mendirikan bangunan pada daerah tersebut. Namun, izin yang diberikan bersifat sementara.
 
Baca juga: Walhi: Anies Mencontohkan Rezim Tak Baik
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berdalih penerbitan IMB tak ada hubungannya dengan pulau reklamasi. Menurutnya, reklamasi berbeda dengan lahan hasil reklamasi. Reklamasi adalah kegiatan membangun daratan di atas perairan.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif