Anies Pede Penjualan Rumah DP Rp0 Selaku Pembelian Kendaraan

M Sholahadhin Azhar 09 November 2018 13:34 WIB
hunian dp 0%
Anies <i>Pede</i> Penjualan Rumah DP Rp0 Selaku Pembelian Kendaraan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menampik anggapan rumah dengan down payment (DP) Rp0 memberatkan masyarakat. Anies yakin dengan program itu masyarakat membeli rumah sama mudahnya dengan membeli kendaraan bermotor. 

"Dulu (punya) motor sulit, begitu DP-nya dihilangkan berbondong-bondong orang punya motor. Mobil juga sama," kata Anies di Jakarta Pusat, Jumat, 9 November 2018.

Hal itu yang kemudian memunculkan ide untuk membuat program DP Rp0. Dia ingin pembelian rumah semudah membeli kendaraan bermotor. 


Baca juga: Program DP Rp0 Dinilai bukan Solusi Tuntas

Masyarakat, kata Anies, akan sangat terbantu jika memiliki rumah sendiri. Mengingat, harga hunian selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Dia menyayangkan anggapan rumah DP Rp0 tak layak untuk subsidi. "Kita kan ingin rakyat kita terbawa eskalator apresiasi nilai ekonomis. Ini kan kayak eskalator, begitu punya rumah terbawa tuh ke atas," sebut dia. 

Meski demikian, Anies berjanji bakal mengkaji lagi hitung-hitungan rumah DP Rp0. "Kita bersyukur (ada kritik) dan coba kita kaji dan kita cari caranya," tandas Anies.

Baca juga: Peminat Hunian DP Rp0 Diklaim Mencapai Ribuan
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id