Rencana bangunan Masjid Raya Jakarta
Rencana bangunan Masjid Raya Jakarta

Siang Ini, Presiden Jokowi Resmikan Masjid Raya Jakarta

Nasional masjid raya jakarta
Eko Nordiansyah • 15 April 2017 06:00
medcom.id, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan meresmikan Masjid Raya Daan Mogot Jakarta, Sabtu siang, 15 April 2017. Pembangunan masjid ini merupakan ambisi Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012.
 
Masjid yang diberi nama Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari ini berada di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Sejak groundbreaking pada 29 September 2014, Pemprov DKI menggelontorkan APBD sebanyak Rp170 miliar.
 
Masjid Raya Jakarta ini didominasi ornamen budaya Betawi. Pada bangunan utamanya menggunakan ornamen gigi balang. Sementara itu, bangunan pendukungnya dihiasi ornamen melati dan bunga matahari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain budaya Betawi, konsep menara masjid ini mengadopsi nilai-nilai Islam. Terdapat lima menara yang memiliki ketinggian 70 meter dengan mahkota menara setinggi 30 meter. Lima menara melambangkan rukun Islam, sedangkan 30 meter berarti 30 Juzz yang ada dalam Alquran.
 
Siang Ini, Presiden Jokowi Resmikan Masjid Raya Jakarta
 
Bukan hanya sekadar sarana ibadah, masjid ini diharapkan bisa menjadi sarana wisata budaya dan religi di Ibu Kota. Selain itu, terdapat pula sarana penampungan sementara calon jemaah haji agar mudah menuju Bandara Soekarno Hatta.
 
Baca: Menengok Kemegahan Masjid Raya Jakarta
 
Dengan luas total mencapai 17,6 hektare, masjid ini berada di kawasan Rumah Susun (Rusun) Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng. Di sekitar rusun juga akan dibangun sarana pasar dan sarana pendidikan guna menunjang kebutuhan warga.
 
Untuk masalah transportasi menuju lokasi, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melayani rute Masjid Raya Daan Mogot-Kalideres. Pembukaan rute ini untuk menarik minat masyarakat sebagaimana kebijakan Pemprov DKI Jakarta.
 
Siang Ini, Presiden Jokowi Resmikan Masjid Raya Jakarta
 
Adapun rute yang disiapkan adalah Masjid Raya-Kalideres akan melalui Masjid Raya-Halte Pesakih-Jalan Daan Mogot-Halte Kalideres. Rute sebaliknya adalah Halte Kalideres-Jalan Daan Mogot-Masjid Raya.
 
Baca: Besok, Transjakarta Layani Rute Masjid Raya Daan Mogot-Kalideres
 
Selain Jokowi, peresmian Masjid Raya Jakarta juga akan diikuti oleh Menteri Agama dan Gubernur DKI Jakarta. Diprediksi akan ada hingga 1.500 undangan yang juga turut hadir di peresmian masjid yang dapat menampung 16 ribu jemaah ini.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif