NEWSTICKER
Banjir merendam kawasan Teluk Gong, Jakarta Utara. ANT/Fauzi.
Banjir merendam kawasan Teluk Gong, Jakarta Utara. ANT/Fauzi.

Kawasan Teluk Gong Masih Terendam Banjir

Nasional banjir jakarta
Antara • 03 Januari 2020 17:37
Jakarta: Banjir di Teluk Gong, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, belum surut hingga Jumat, 3 Januari 2020. Ketinggian air lebih dua meter saat banjir menghantam kawasan itu pada Rabu, 1 Januari 2020.
 
"Permukiman terparah (terdampak banjir) di Teluk Gong, Kampung Gusti, hingga Taman Permata Indah," kata Kasi Pemerintah Kelurahan Pejagalan Saiful Hidayat di Teluk Gong, Jakarta, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Saiful mengatakan air perlahan mulai surut sekitar 90 sentimeter atau setara pinggang orang dewasa. Sebanyak 10 RW terdampak banjir di Kelurahan Pejagalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Total jumlah pengungsi di Kelurahan Pejagalan sebanyak 406 jiwa," kata Saiful.
 
Pengungsi tersebar di tiga titik pengungsian. Sebanyak 100 pengungsi di Masjid Baitul Mutawin, 50 pengungsi di Mushala Nurul Amal, dan 65 pengungsi di Pesantren Mujahirin.
 
Saiful menyebut belum ada korban jiwa akibat banjir di Pejagalan. Namun, satu warga terluka karena terjatuh dari rumahnya. Warga itu dievakuasi ke puskesmas.
 
Lokasi pengungsian di Teluk Gong berada di dalam permukiman masyarakat yang sedang banjir, akses hanya bisa menggunakan perahu karet. Masyarakat menggunakan bangunan bertingkat untuk bertahan dan menunggu air surut.
 
Saiful menyebutkan tak ada dataran tinggi untuk lokasi pengungsian. Satu-satunya lokasi yang tersedia yakni tanggul banjir kanal di Jalan Teluk Utara. Lokasi itu digunakan warga memarkir kendaraan.
 
Salah seorang warga RT 1/RW 12, Yayang, mengatakan air masuk ke permukiman di Teluk Gong sekitar pukul 04.00 WIB, Rabu, Januari 2020. Ia tak punya persiapan menghadapi banjir.
 
"Tiba-tiba dibangunkan RT kalau sudah banjir," katanya.
 
Yayang berhasil menyelamatkan dua mobilnya dari rendaman air. Satu mobil tak terselamatkan. Ia berharap pompa air di dalam Teluk Gong kembali bisa digunakan menyedot air.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif