Petugas membongkar bangunan semi permanen di pinggiran Kali Sunter, Jakarta Utara. Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim.
Petugas membongkar bangunan semi permanen di pinggiran Kali Sunter, Jakarta Utara. Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim.

Ricuh Penggusuran Sunter Diduga Bermuatan Politis

Nasional penggusuran penggusuran rumah
Sri Yanti Nainggolan • 20 November 2019 22:12
Jakarta: Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin menduga ricuh penggusuran di Sunter, Jakarta Utara (Jakut), bermuatan politis. Apalagi pemprotes bukanlah warga daerah itu.
 
"Bukan tidak mungkin ada politisasi untuk menyudutkan Gubernur (Anies Baswedan). Sama seperti anggaran lem Aibon yang prematur, kemudian diviralkan," ujar Arifin saat dihubungi, Rabu, 20 November 2019.
 
Arifin mengungkapkan ricuh yang terjadi pada Kamis, 14 November 2019 bukan berasal dari warga setempat. Ia menduga ada oknum lain yang memanasi. Sebab daerah itu bukan lagi sebagai tempat tinggal, melainkan usaha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tak ada rumah tempat tinggal di situ dan sebagian besar mereka sudah merobohkan lapak-lapak mereka sendiri. Ini kan ada LSM yang memanfaatkan," asumsi dia.
 
Ia mengungkapkan Pemprov DKI juga akan membantu para warga yang ingin pindah usaha dan sudah menyediakan rumah susun di Marunda. Arifin juga mengklaim warga telah setuju.
 
"Jadi itu bukan rumah tinggal, hanya lapak-lapak untuk penjualan barang-barang bekas. Mereka juga sudah bersedia (dipindah) karena sudah dua bulan sosialisasinya," ia menegaskan.
 
Sebelumnya beredar rekaman video penggusuran berujung kericuhan di Sunter pada Kamis, 14 November 2019. Penertiban bangunan liar yang dilakukan personel gabungan Kepolisian, Satpol PP, dan PPSU itu ditolak pemilik bangunan.
 
Pemprov DKI Jakarta mengklaim penggusuran di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, telah disosialisasikan sebelumnya. Proses pembongkaran rumah juga melibatkan warga sekitar.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif