Air.  Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Air. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Pemprov Jamin Jakarta Tak Kekurangan Air

Nasional kekeringan
Nur Azizah • 10 Juli 2019 12:06
Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yakin Ibu Kota tak akan kekurangan air meski diterpa kekeringan. Kekeringan di Jakarta disebut berbeda dengan daerah lainnya.
 
"Kalau di Jakarta sepertinya tidak seperti di daerah lain. Kalaupun kering, pasokan air aman," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Andono Warih saat dihubungi, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Andono menjamin kebutuhan air bersih untuk warga Jakarta dalam posisi aman. Ia menegaskan kekeringan tidak akan membuat masyarakat kesulitan mencari air minum dan kebutuhan dasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau dari segi itu enggak ada masalah. Sebab, air dari PAM Jaya ada, kemudian air isi ulangnya juga masuk. Air minum dalam kemasan juga masuk dengan jumlah yang memadai," ungkap dia.
 
Namun, dia menyebut potensi kebakaran meningkat imbas kekeringan. Ia bakal berkoordinasi dengan dinas terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.
 
"Mungkin kalau kemarau di Jakarta rawan kebakaran. Kami dari Dinas LH (Lingkungan Hidup) dalam kejadian kebakaran akan menyiagakan toilet portabel, pembersihan sisa-sisa kebakaran. Untuk antisipasi ke dinas terkait," pungkas dia.
 
PAM Jaya memastikan pasokan air bersih aman hingga musim kemarau berakhir. Manajer Humas PAM Jaya Linda Nurhandayani berani menyatakan hal itu lantaran level ketinggian air di Waduk Juanda, Jatiluhur, Jawa Barat, masih baik.
 
Linda mengatakan Waduk Jatiluhur adalah salah satu sumber air baku PAM Jaya yang terbesar, hingga 81 persen. Ambang batas kedalaman minimum Waduk Juanda Jatiluhur adalah 87,5 meter. Saat ini, ambang kedalaman air masih sekitar 102 meter.
 
Baca juga: Sebagian DKI Masuk Hari Tanpa Hujan Kategori Berat
 
"Selain itu air curah dari Tangerang pun masih relatif sesuai target yang diharapkan," kata Linda kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
 
Sumber-sumber air baku dari Jakarta juga masih sesuai yang dibutuhkan. Sumber air baku itu berasal dari Kali Krukut dan Cengkareng Drain, Jakarta Barat.
 
"Jadi, masih aman hingga musim kemarau berakhir. PAM Jaya juga akan selalu update dan komunikasi dengan Pemprov (Pemerintan Provinsi) terkait kondisi pelayanan air bersih bagi masyarakat Jakarta," ungkap Linda.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif