Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)

Sebagian DKI Masuk Hari Tanpa Hujan Kategori Berat

Nasional kekeringan krisis air bersih
Nur Azizah • 09 Juli 2019 17:17
Jakarta: Sebagian wilayah DKI Jakarta masuk Hari Tanpa Hujan (HTH) kategori berat. Durasi HTH kategori berat berkisar dari 20 hingga 30 hari.
 
Wilayah yang masuk HTH kategori berat antara lain Kembangan, Pakubuwono, Pulogadung, Setiabudi, dan Tanjung Priok. Lalu, Kemayoran, Sunter, Tanjungan, Tekuk Gong, Tomang Barat dan Waduk Melati.
 
"Itu berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)," kata Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD DKI M Ridwan, di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun HTH kategori sedang berdurasi 11 hingga 20 hari. Wilayah yang mengalami HTH kategori sedang ialah Ciganjur, Cengkareng, Halim, Karet, Kedoya Selatan, Lebak Bulus, Pasar Minggu, Pesanggrahan, dan Ragunan.
 
"Manggarai dan Cideng, juga masuk dalam HTH," ucap dia.
 
Baca juga:BPBD DKI Belum Terima Laporan Kekeringan
 
Sementara HTH kategori ringan berkisar dari satu hingga lima hari. Namun, tidak ada wilayah Jakarta yang masuk kategori ini.
 
"Jadi ini akibat cuaca ekstrem hari tanpa hujan," ucap Ridwan.
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim kemarau di wilayah DKI Jakarta akan berlangsung pada September 2019. Warga Ibu Kota diminta bersiap menghadapi kekeringan.
 
"Kemarau di DKI Jakarta baru berjalan dua bulan (Mei-Juni), masih harus menyelesaikan sampai puncaknya di September," kata Kepala Staf Sub Bidang Analisis Informasi Iklim BMKG Pusat, Adi Ripaldi seperti dikutip Antara, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Meski kemarau baru berjalan dua bulan, namun dilaporkan sudah ada wilayah yang kesulitan air. Ia meminta pemerintah daerah waspada dengan melakukan upaya antisipasi kekeringan.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif