Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) wagub DKI Bestari Barus - Medcom.id/Cindy.
Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) wagub DKI Bestari Barus - Medcom.id/Cindy.

Rapat Paripurna Wagub DKI Batal

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Theofilus Ifan Sucipto • 22 Juli 2019 10:39
Jakarta: Rapat paripurna pengesahan tata tertib (tatib) pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta ditunda. Sedianya, rapat paripurna berlangsung hari ini, Senin 22 Juli 2019.
 
"Itu (rapat paripurna) tahapan yang belum bisa dilaksanakan hari ini," kata Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Wagub DKI Bestari Barus saat dihubungi, Senin, 22 Juli 2019.
 
Bestari menyebut penundaan lantaran tatib belum disahkan. Pengesahan tatib harus dilakukan di rapat pimpinan gabungan (rapimgab).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada praktiknya, kata Bestari, beberapa pimpinan tidak menghadiri rapimgab. Rapat tersebut ditunda tiga kali dalam dua minggu.
 
Ketua Fraksi NasDem itu menyinggung kehadiran pimpinan salah satu partai pengusung wagub DKI, Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bestari mengatakan pimpinan PKS, Triwisaksana alias Bang Sani. tidak hadir dalam rapimgab.
 
"Makanya waktu itu ada komplain ke PKS. Saya ingatkan bahwa pimpinan PKS tolong dihadirkan," ujar Bestari.
 
(Baca juga:Rapat Paripurna Wagub DKI Tak Bisa Dipaksakan)
 
Dia menjelaskan sekretariat dewan (sekwan) juga belum menjadwalkan ulang rapimgab. Padahal, rapat ini penting sebelum membentuk panitia pemilihan (panlih) dan melaksanakan paripurna pengesahan tatib.
 
Anggota Komisi D itu tidak menutup kemungkinan pemilihan pengganti Sandiaga Uno baru rampung di periode selanjutnya. Masa bakti DPRD DKI berakhir pada 26 Agustus mendatang.
 
"Sangat terbuka semua kemungkinan. (Tapi) kita berharap segera terjadi pemilihan," pungkas Bestari.
 
Rapimgab pengesahan tatib wagub DKI tertunda selama tiga kali. Ketua Panitia Khusus (Pansus) Wagub DKI Mohamad Ongen Sangaji menuding kinerja sekwan DPRD tidak cakap mengatur jadwal.
 
Rapimgab pertama ditunda karena banyak anggota dewan yang tak hadir. Rapimgab kedua dan ketiga dibatalkan karena masalah yang sama.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif