Ilustrasi ondel-ondel - Foto: MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi ondel-ondel - Foto: MI/Andri Widiyanto

Pengamen Ondel-ondel Bakal Ditertibkan

Nasional ondel-ondel
Sri Yanti Nainggolan • 13 Februari 2020 21:41
Jakarta: Ondel-ondel yang digunakan untuk mengamen atau mengemis bakal ditertibkan. Mereka dianggap mengganggu ketertiban umum.
 
"Kami tidak menginginkan ondel-ondel yang merupakan ikon Betawi itu direndahkan dalam bentuk kegiatan mengamen," kata Kepala Satpol PP Arifin saat dihubungi, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Arifin menuturkan keputusan ini dibuat antara Pemprov DKI dan sejumlah sanggar seni di DKI Jakarta. Nantinya, Pemprov bakal menginventarisasi sanggar kesenian Betawi dan pengrajin ondel-ondel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka yang kedapatan menggunakan ondel-ondel untuk mengamen bakal ditertibkan. Arifin menyebut atraksi ondel-ondel bakal ada tempat khusus.
 
"Misalnya di Kota Tua," tutur dia.
 
Ia tak menutup kemungkinan bakal ada tempat lain untuk tempat berkumpulnya seniman ondel-ondel. Lokasi itu nantinya juga bakal menjadi sarana latihan.
 
Pengamen Ondel-ondel Bakal Ditertibkan
Ilustrasi ondel-ondel. Foto: MI/Ramdani
 
Berikut lima kesepakatan:
 
1. Menyediakan tempat dan memfasilitasi para pemilik sanggar kesenian dan kebudayaan Betawi termasuk para pengrajin ondel-ondel;
2. Menempatkan ondel-ondel pada kegiatan yang bersifat seremonial festival lebaran Betawi dan acara-acara lain dalam upaya pelestarian kebudayaan Betawi;
3. Melakukan pendataan dan inventarisasi untuk mengetahui seberapa banyak jumlah sanggar kesenian Betawi dan pengrajin ondel-ondel;
4. Membuat Surat Edaran Gubernur cq Sekretaris Daerah untuk disampaikan kepada Wali Kota, Camat, Lurah, RT RW untuk mendata jumlah sanggar dan pengrajin yang ada di masing-masing wilayah dengan format yang ditentukan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta;
5. Satpol PP Provinsi DKI Jakarta melakukan penindakan dan penertiban terhadap orang/kelompok yang menggunakan ondel-ondel sebagai sarana untuk mengamen/mengemis yang mengganggu ketertiban umum.
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif