Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Nama Cawagub DKI Belum Sampai di Meja Anies

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Nur Azizah • 13 Februari 2019 15:29
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum menerima dua nama calon wakil gubernur DKI. Hingga hari ini, DPW PKS DKI dan DPD Gerindra DKI belum menyerahkan dua nama pengganti Sandiaga.
 
"Kemarin kita komunikasi, mereka katanya mau mengantarkan keputusan Rabu atau Kamis, kita tunggu saja hari apa," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Februari 2018.
 
Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu dinyatakan lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan yang digelar beberapa waktu lalu. Kendati nama tersebut sudah beredar, Anies belum mau berandai-andai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Panelis Ungkap Alasan Suhaimi Gugur
 
Sebab, belum ada surat resmi yang sampai ke mejanya. Mantan Mendikbud ini mengaku sudah menyiapkan surat pengantar cawagub untuk diserahkan ke DPRD DKI.
 
"Tapi kita siap, bahkan surat untuk mengantarkan ke DPRD sudah siap. Jadi begitu suratnya datang saya langsung antarkan ke dewan," pungkas dia.
 
Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu dinyatakan lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan yang digelar DPW PKS DKI dan DPD Gerindra DKI. Dua nama itu akan disampaikan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam waktu dekat.
 
“Bahwa dua nama yang akan disampaikan ke gubernur nanti adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu,” kata Ketua Umum DPW PKS Sakhir Purnomo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin 11 Februari 2019.
 
Sakhir menegaskan penilaian bukan berdasarkan suka atau tidak. Melainkan, penilaian, rekomendasi dari mereka dari para panelis.
 
"Jadi,tidak ada faktor like and dislike tapi memang tiga orang ini baik, sudah dilakukan pengujian melalui fit and proper test, FGD, dan terakhir dilakukan pendalaman pada malam sabtu kemarin,” tambah Sakhir.
 
Tiga nama yang dimaksud ialah, Abdurahman Suhaimi, Ahmad Syaikhu, dan Agung Yulianto. Sakhir memastikan dua nama terpilih sudah memenuhi kriteria.
 
Adapun tujuh kriteria yang ditetapkan panelis dalam Focus Group Discussion adalah (1) Integritas, (2) Pengetahuan dan pemahaman terhadap RPJMD, (3) Rekam jejak, (4) Relasi dengan DPRD, (5) Kecocokan dengan gubernur, (6) Memiliki akseptabilitas publik, dan (7) Mampu merepresentasikan partai pengusung
 
Sedianya, dua nama itu akan disodorkan ke Anies sore ini, namun batal. Hal ini dikarenakan PKS masih menunggu surat Penandatanganan Ajuan 2 (dua) Nama Kader PKS sebagai Cawagub DKI Jakarta.
 
Surat itu harus dibubuhi tanda tangan Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik. Saat ini, Taufik tengah berada di luar kota.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif