Ilustrasi Balai Kota DKI Jakarta. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Ilustrasi Balai Kota DKI Jakarta. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Menyambut DKI 2

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Renatha Swasty • 06 April 2020 08:10
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam hitungan jam segera memiliki pendamping. Kursi wakil gubernur DKI Jakarta yang kosong sejak Agustus 2018 siap diperebutkan dua orang: politikus Gerindra Ahmad Riza Patria dan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmasjah Lubis.
 
Proses pemilihan sempat tarik ulur. Apalagi, setelah pandemi virus korona (covid-19) masuk Indonesia dan Jakarta menjadi provinsi dengan kasus positif terbanyak. Awalnya, proses pemilihan disarankan ditunda di tengah anjuran membatasi pertemuan dengan orang banyak dan menjaga jarak sosial.
 
Namun, panitia pemilihan tak mau menunda lagi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai perlu pendamping.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tren covid-19 lagi menanjak, kami meyakini puncaknya belum (sekarang), masih nanti. Semakin ditunda, kami juga tidak tahu,” kata Ketua Panitia Pemilihan Wakil Gubernur (Panlih Wagub) DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Maret 2020.
 
(Baca: Pemilihan Wagub Tertutup Buat Publik 'Buta' Dinamika Politik)
 
Kedua calon telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) serta penyampaian visi misi, Jumat, 3 April 2020. Sayangnya, kedua proses itu dilaksanakan tertutup.
 
Panitia beralasan ada prosedur tetap (protap) yang harus diikuti sehingga diputuskan berlangsung tertutup. Rekaman acara akan dibagikan kepada publik dalam bentuk file digital.
 
Pemilihan juga bakal berlangsung tertutup. Proses rapat paripurna akan direkam dan disiarkan dalam website resmi DPRD DKI Jakarta. Konsep tersebut sesuai anjuran pimpinan DPRD.
 
Secara teknis, dalam ruangan akan ada 54 orang. Termasuk para cawagub, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta para pimpinan DPRD.
 
"Sisanya akan kita transit di ruangan steril. Berjenjang memilihnya," ujar Farazandi saat dihubungi, Minggu, 5 April 2020.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif