Kapolsek Sawah Besar Kompol Maulana Mukarom rilis kasus PPSU menyebarkan kabar bohong. (Medcom.id/Christian)
Kapolsek Sawah Besar Kompol Maulana Mukarom rilis kasus PPSU menyebarkan kabar bohong. (Medcom.id/Christian)

Dalih Kemanusiaan, PPSU Sawah Besar Penyebar Hoaks Dibebaskan

Nasional DKI Jakarta pencopetan kriminalitas jalanan pembegalan begal hoax
Christian • 29 April 2022 19:45
Jakarta: Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Mangga Dua Selatan, Ray Prama Abdullah, 28, terbebas dari jeratan hukuman penjara 1 tahun 4 bulan. Kasus informasi bohong soal begal disetop sebagai bentuk ampunan dari penyidik polisi.
 
"Kita hentikan perkara ini karena sisi kemanusiaan," tegas Kapolsek Sawah Besar Kompol Maulana Mukarom, di Jakarta, Jumat, 29 April 2022.
 
Ray dapat dijerat Pasal 220 KUHP atas memberitahukan atau mengadukan telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan.  Ray juga telah membuat laporan kepolisian dengan nomor 25/K/IV/2022/PMJ/Restro JP/Sek SB, tanggal 27 April 2022 atas kasus pembegalan uang THR, yang ternyata bohong.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam hal ini penyidik menilai perkara itu dapat ditempuh melalui jalur lain di luar hukum pidana, dengan memegang asas ultimum remedium yang merupakan salah satu asas yang terdapat di dalam hukum pidana Indonesia," terang dia.
 
Dia menerangkan penyidik memiliki pertimbangan menyetop kasus tersebut. Salah satunya yang bersangkutan merupakan tulang punggung keluarga. 
 
"Yang bersangkutan memiliki anak balita, dia juga tulang punggung, dia mengakui bersalah atas perbuatannya dan tidak akan mengulangi lagi," ungkap dia.
 
Baca: Berbohong Dibegal, Petugas PPSU Berpotensi Dipecat
 
Sebelumnya diberitakan, salah satu petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menjadi korban pembegalan di Depan RS Husada, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu 27 April 2022. Peristiwa tersebut terjadi saat korban hendak mengambil uang THR di ATM.
 
"Keterangan yang bersangkutan informasinya dibegal, saat subuh kan baru cair THR, yang bersangkutan ini ngambil ke ATM," ujar Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu Putra kepada Medcom.id, Rabu 27 April
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif