Pengendara melintas di depan alat pendeteksi nomor kendaraan otomatis di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.
Pengendara melintas di depan alat pendeteksi nomor kendaraan otomatis di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.

100 Kamera akan Melengkapi Tilang Elektronik

Nasional tilang elektronik sistem tilang elektronik
Siti Yona Hukmana • 22 Oktober 2018 19:46
Jakarta: Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf akan menambah kamera closed-circuit television (CCTV) tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE). Pasalnya, saat ini baru ada dua kamera CCTV yang dipasang.

"Rencana kurang lebih 100 CCTV kita tambah tahun depan," kata Yusuf kepada Medcom.id, Senin, 22 Oktober 2018. 

Namun, Yusuf enggan membeberkan titik pemasangan 100 CCTV tersebut. Menurut dia, hal itu tidak bisa diungkapkan kepada publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Nanti orang malah tahu dan menghindari. Jadi enggak bagus pembelajarannya biar saja biar merasa tertib mereka," ujar Yusuf. Yusuf mengaku uji coba tilang elektronik selama ini efektif. Sistem tilang e-TLE mampu menyadarkan pengguna jalan untuk tidak melanggar lalu lintas.

"Jadi yang pertama untuk yang tidak terdeteksi semakin berkurang kemudian untuk pelanggarannya pun semakin berkurang. Jadi, yang tadinya 100 lebih sekarang hanya 11 untuk total semua pelanggar," aku dia.

Baca: Seribu Brosur Disebar Sosialisasikan Tilang Elektronik

Dia menjelaskan angka itu adalah data pelanggar pada Minggu, 21 Oktober 2018. Data berasal dari CCTV tilang elektronik di Jalan Sudirman dan MH Thamrin.

Sementara itu, uji coba tilang elektronik dilakukan sejak 1 hingga 31 Okober 2018. Selama uji coba, pelanggar tidak ditindak. Penilangan baru dilakukan mulai 1 November 2018.


(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi