Presiden Joko Widodo menjajal MRT/Medcom.id/Dheri Agriesta
Presiden Joko Widodo menjajal MRT/Medcom.id/Dheri Agriesta

Presiden Ajak Pengguna Kendaraan Pribadi Beralih ke MRT

Nasional mrt Proyek MRT
Dheri Agriesta • 19 Maret 2019 16:58
Jakarta: Presiden Joko Widodo kaget dengan antusiasme warga mencoba moda raya terpadu (MRT). Presiden mengajak pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan moda transportasi anyar ini.
 
"Untuk pengguna mobil pribadi atau sepeda motor dalam jalur ini ya kita mengajak agar mulai beralih ke MRT yang sangat nyaman ini," kata Jokowi saat mencoba MRT menuju Stasiun Bundaran HI, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Pembangunan MRT akan melewati Jabodetabek. Setelah rampung di DKI, moda transportasi ini akan dibangun di Jawa Barat hingga Banten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Presiden Senang Warga Antusias Sambut MRT
 
Setelah pembangunan di Jabodetabek rampung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menerapkan sistem electronic road pricing. Peralihan moda transportasi pun diyakini terjadi dengan sendirinya.
 
"Mau tidak mau kita paksa pemilik-pemilik mobil beralih ke moda raya transportasi ini," jelas Jokowi.
 
Fase pertama MRT Jakarta selesai dibangun. Fase pertama meliputi Stasiun Bundaran HI hingga Lebak Bulus. Setelah itu, PT MRT Jakarta akan memulai pembangunan fase dua yang meliputi Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kampung Bandan.
 
Baca: Jokowi Minta Tarif MRT Segera Ditentukan
 
Setidaknya, ada dua depo di jalur utara hingga selatan. Dua depo itu terletak di Lebak Bulus dan Kampung Bandan, Jakarta Utara.
 
Pada 2020, MRT berencana membangun fase tiga sepanjang 33 kilometer. Fase tiga dimulai dari Kalideres, Jakarta Barat, hingga Ujung Menteng, Jakarta Timur.
 
PT MRT Jakarta juga akan memperlebar jangkauan hingga Jawa Barat dan Banten. Fase ini akan dimulai dari Cikarang (Jawa Barat) hingga Balaraja (Banten).
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif