Pemprov DKI dan KAI Diklaim Sudah Sepakat Soal Aset

Fachri Audhia Hafiez 16 November 2018 16:50 WIB
tanah abang
Pemprov DKI dan KAI Diklaim Sudah Sepakat Soal Aset
Konpers di Ombudsman soal skybridge - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jaya Raya, Teguh Nugroho mengklaim Pemprov DKI dan PT KAI sudah sepakat soal aset yang sempat diributkan untuk dibangun skybridge. Kedua instansi juga bakal bahu membahu untuk pemanfaatan skybridge. 

"Saling mendukung untuk pemanfaatan skybridge hanya saja ada kesepakatan terkait dengan keselamatan arus dan keamanan penumpang dari stasiun Tanah Abang ke skybridge dan ke tempat lainnya," ujar Teguh di Kantor Ombudsman RI, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 16 November 2018.

Direktur Utama PD Sarana Jaya Yoory C Pinontoan menegaskan masalah sengketa lahan sudah selesai. Skybridge dibangun lebih ke area lahan PT KAI semata untuk memudahkan penumpang. 


"Tambahan sedikit skybridge ini untuk membantu mempermudah pejalan kaki baik dari stasiun maupun yang ke stasiun, baik mereka mau jalan kaki atau berganti ke moda transportasi," ujar Yoory.

Baca juga: Janji Anies Soal Pengoperasian Skybridge Sulit Terwujud

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan saat ini pihaknya fokus membenahi permasalahan yang muncul dari pembangunan skybridge. Ini untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung ataupun penumpang kereta. 

Pihaknya juga bakal melakukan pengaturan ulang untuk arus penumpang kereta. "Flow penumpang kami sedang evaluasi dan mendetailkan pergeseran gate, karena gate ini harus digeser selaras ke skybridge," ujar Dadan.

Sebelumnya, PT KAI dan Pemprov DKI Jakarta saling mengklaim tanah sepanjang 18 meter dari Stasiun Tanah Abang yang dipakai untuk skybridge. PT KAI menyebut lahan itu milik perusahaan karena sudah diatur dalam Undang-Undang Perkeretaapian.

Selain masalah aset, Pemprov DKI dan PT KAI sempat alot membahas masalah keamanan dan sarana prasarana di skybridge.



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id