Petugas kebersihan menyapu di lokasi retaknya flyover Cengkareng, Jakarta, Kamis (27/12/2018). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Petugas kebersihan menyapu di lokasi retaknya flyover Cengkareng, Jakarta, Kamis (27/12/2018). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Jalur Alternatif Menghindari Flyover Cengkareng

Nasional jalan layang
Muhammad Syahrul Ramadhan • 27 Desember 2018 17:16
Jakarta: Perbaikan flyover Cengkareng, Jakarta Barat, membutuhkan waktu sekitar delapan hari atau seminggu lebih. Pemerintah menargetkan jalan layang itu kembali pulih pada 3 Januari 2019.

“Perbaikan dilakukan terhitung hari ini. Ditargetkan rampung Kamis, 3 Januari 2019,” demikian keterangan tertulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diterima Medcom.id, Kamis, 27 Desember 2018.

Perbaikan flyover meliputi penggantian peletakan atau landasan (pot bearing) serta perbaikan sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11 dari total 14 pilar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Hingga saat ini pekerjaan yang tengah dilakukan adalah penguatan dengan pemasangan penyangga (shoring)," kata Erwin, petugas Balai Besar Wilayah VI Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selanjutnya, perbaikan meliputi pengangkatan (jacking), penggantian pot bearing, dan pemasangan expansion joint menggunakan asphaltic. Terakhir, dilakukan pengerasan beton oprit flyover.

Baca: Kementerian PUPR Diminta Segera Memperbaiki Flyover Cengkareng

Sebagai alternatif sekaligus mengatasi kemacetan selama proses perbaikan, pemerintah menyiapkan alternatif jalan dari arah Kembangan ke Kamal. Jalan alternatif ini menggunakan dua lajur tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan dua lajur jalan arteri bagi kendaraan yang menuju Daan Mogot.

Bagi kendaraan dari arah Kamal-Cengkareng ke Kembangan, disediakan enam lajur jalan yang terdiri atas dua lajur flyover Cengkareng A, dua lajur tol JORR, dan dua lajur jalan arteri Lingkar Luar Barat.




(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi