Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Yona
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Yona

Kementerian PUPR Diminta Segera Memperbaiki Flyover Cengkareng

Nasional jalan layang
Nur Azizah • 27 Desember 2018 15:43
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menyelesaikan perbaikan keretakan Flyover Cengkareng. Ia khawatir aktivitas itu berdampak pada mobilitas warga.

"Kami berharap agar Kementerian PUPR segera menuntaskan ini sehigga implikasi lalinnya tidak membebani masyarakat," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis 27 Desember 2018.

Baca: Flyover Cengkareng Aman Dilintasi Kendaraan Kecil dan Roda Dua

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Mantan Mendikbud itu juga meminta Kementerian PUPR memeriksa seluruh flyover yang sudah dibangun. Ia khawatir ada kejadian serupa. Anies yakin Kementerian PUPR cepat menyelesaikan persoalan itu. "Ini harus diikuti pengecekan tempat lain yang dibangun bersamaan. Adakah yang memiliki risiko keretakan seperti ini," ungkap Anies.

Flyover Cengkareng ditutup sementara sejak Kamis, 27-31 Desember 2018. Penutupan jalan dilakukan karena area itu sedang diperbaiki.

"Kendaraan muatan 36 ton hingga 45 ton dilarang melintas dan harus melewati jalan arteri," bunyi spanduk yang dipasang di depan Flyover Cengkareng.

Baca: PUPR Pastikan Flyover Cengkareng Tak Alami Keretakan

Direktur Jembatan PUPR Iwan Zakarsyi membantah adanya keretakan. Ia menyebut Flyover Cengkareng sedang menjalani perawatan rutin rehabilitasi jembatan.

Tahun ini, perbaikan dilakukan pada penguatan kolom dan penggantian pot bearing. Petugas Balai Besar Wilayah VI Kementerian PUPR menjelaskan penggantian pot bearing berdampak pada struktrur jembatan yang terlihat seperti retakan jalan.




(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi