Sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua melintasi sambungan flyover yang renggang di kawasan Kemayoran, Jalan HBR Motik, Jakarta, Kamis (3/1). Foto: Pius Erlangga/MI
Sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua melintasi sambungan flyover yang renggang di kawasan Kemayoran, Jalan HBR Motik, Jakarta, Kamis (3/1). Foto: Pius Erlangga/MI

PPKK Mengakui Ada Kerusakan di Flyover Kemayoran

Nasional jalan layang
Nur Azizah • 05 Januari 2019 02:46
Jakarta: Direktur Perencanaan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK), Riski Renando membantah ada keretakan pada jalan layang atau flyover Kemayoran. Namun, dia mengakui ada kerusakan pada expansion joint jalan layang tersebut.

Expansion joint merupakan sambungan struktur yang dapat menyerap panas. Riski mengatakan pihaknya segera memperbaiki expansion joint tersebut.

"Expansion joint itu kan penghubung antara dua struktur jembatan. Jembatan itu kan memang didesain untuk bergerak agar strukturnya tidak patah. Nah, expansion joint ini yang rusak dan ini akan kita perbaiki," kata Riski saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 4 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut dia, kerusakan itu hal yang wajar. Setiap expansion joint memiliki batas umur yang umumnya 10 tahun. "Itu lazim karena sudah 10 tahun. Ini harus diganti secara berkala," imbuh dia.

Baca: Flyover Kemayoran Retak

Meski penghubung struktur rusak, namun flyover masih bisa dilintasi seperti biasa. Pasalnya, kerusakan tersebut tidak berpengaruh pada struktur jembatan.

"Enggak masalah (dilintasi). Kalau misalnya jalannya nempel, tidak ada expansion joint justru bisa rusak karena jalan itu sifatnya memuai," jelas Riski.

Perbaikan sambungan struktur akan mulai dilakukan pada Jumat malam, 4 Januari. Perbaikan ini ditargetkan selesai dalam dua atau tiga hari.

"Kalau cuaca bagus, semua lancar bisa dua atau tiga hari selesai lah," ucap dia.


(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi