Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Candra
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Candra

Anies Bangun Jalur Bawah Tanah Pejalan Kaki Pertama di Indonesia

Media Indonesia.com • 07 Juli 2022 13:03
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun jalur pejalan kaki interkoneksi bawah tanah pertama di Indonesia. Terowongan pejalan kaki bawah tanah ini menghubungkan Gedung Thamrin Nine UOB dan Stasiun Dukuh Atas BNI.
 
“Di mana penumpang MRT nantinya akan melewati sebuah terowongan untuk bisa mejangkau gedung-gedung yang ada di sekitar stasiun,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Thamrin Nine, Jakarta, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Anies mengatakan pembangunan tersebut merupakan program integrasi level kedua. Ia menjelaskan integrasi level pertama yakni penyambungan stasiun MRT dengan stasiun TransJakarta, hingga ke stasiun kereta api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Level 2 adalah antarstasiun dengan bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya, nah ini yang sekarang kita saksikan,” kata Anies.
 

Baca: DKI Siapkan Sanksi untuk yang Doyan Nyampah di Dukuh Atas


Ia mengeklaim adanya terowongan pejalan kaki bawah tanah di dalam gedung-gedung di Jakarta memudahkan akses pekera di sana. Mereka tidak perlu lagi memarkirkan kendaraan di dekat gedung tersebut.
 
“Mereka memiliki akses langsung ke stasiun maka itu akan membuat ribuan orang yang bekerja di situ akan memilih untuk parkir di stasiun luar kota, lalu naik kendaraan umum sampai sini daripada naik kendaraan pribadi dan parkir di samping gedungnya,” paparnya.
 
Akses pejalan kaki dibuat sepanjang 80 meter dengan lebar lima meter dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti retail, storage room, eskalator, dan elevator. Terowongan ini dibangun berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan kawasan berorientasi transit yang universal, termasuk ramah terhadap penyandang disabilitas.
 
(Mohamad Farhan Zhuhri)
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif