Bus Transjakarta merek Zhong Thong yang dikandangkan di Pool Bus Transjakarta, Cawang, Jakarta. (Foto: Antara/Akbar Nugroho)
Bus Transjakarta merek Zhong Thong yang dikandangkan di Pool Bus Transjakarta, Cawang, Jakarta. (Foto: Antara/Akbar Nugroho)

Ahok Izinkan Bus TransJakarta Buatan Tiongkok Kembali Beroperasi

Nasional transjakarta terbakar
Damar Iradat • 28 Desember 2015 17:30
medcom.id, Jakarta: Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama akhirnya mengizinkan bus TransJakarta buatan Tiongkok kembali beroperasai. Bus itu dibeli Pemerintah DKI sejak 2012.
 
Ahok telah menginstruksikan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI mengoperasikan bus itu dengan catatan di bawah operator baru. Selain itu, operator harus menggunakan sistem rupiah per kilometer dan besaran tarifnya mengikuti ketentuan dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah).
 
"Boleh saja selama nilainya ikut e-Katalog LKPP," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, Ahok menolak menyerahkan operasional bus-bus tersebut kepada operator jika harga yang dipasang terlalu tinggi. Ahok memilih pengoperasian sendiri jika tarif lebih mahal.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu mengingatkan operator baru untuk bekerja dengan baik. Ia ingin memastikan armada TransJakarta dari Tiongkok tersebut tidak mogok.
 
"Boleh saja kok (dioperasikan oleh operator sendiri) yang penting enggak mogok. Kalau mogok, ya out," ujarnya.
 
Seperti diketahui, pengadaan bus TransJakarta pada 2012 dan 2013 tersangkut masalah, lantaran ada temuan bagian bus yang berkarat. Akibatnya, mantan Kepala Dinas Perhubugan DKI Udar Pristono dicopot oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Joko Widodo.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif