Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown/Medcom.id/Humas DKI
Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown/Medcom.id/Humas DKI

Anies Dirikan Kembali Gapura Chinatown

Kautsar Widya Prabowo • 30 Juni 2022 22:12
Jakarta: Gapura Chinatown yang berada di kawasan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, kembali berdiri kokoh. Bangunan bersejarah itu sempat dihancurkan pada masa kependudukan Jepang.
 
Ikon baru Jakarta itu diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia berharap Gapura Chinatown dapat menjadi salah satu simbol persatuan dan kesetaraan warga di Jakarta. 
 
"Peresmian ini menjadi pengingat kita bersama bahwa keberagaman yang ada di sekitar kita adalah karunia dari Yang Maha Kuasa, sedangkan persatuan adalah ikhtiar kita bersama. Hal ini harus kita rawat bersama-sama," ujar Anies saat meresmikan Gapura Chinatown di Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Kamis, 30 Juni 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies menilai Gapura Chinatown di Jakarta unik. Bangunan tersebut tidak menggunakan warna merah atau kuning seperti gapura di kawasan Pecinan pada umumnya. Gapura menggunakan warna dasar abu-abu dan warna coklat genteng untuk tulisan, serta dipadukan dengan budaya betawi.
 

Baca: Anies: Warga Kamal Muara Bisa Hemat Belanja Air Minum hingga 95%


"Itulah pembeda utama Gapura Chinatown Jakarta dengan gapura-gapura pada umumnya. Di sini terlihat ukiran naga dan unsur awan yang dominan pada gapura, melambangkan kemakmuran dan perlindungan dari Sang Maha Pencipta," jelasnya. 
 
Di samping itu, Anies menyebut Gapura Chinatown berdiri berkat kolaborasi dengan masyarakat, salah satunya Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI). Gapura tersebut kini menjadi salah satu obyek wisata di Jakata. 
 
"Semoga melalui pembangunan ini, tidak hanya akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk semakin menarik wisatawan, tetapi juga sebagai pengingat dalam merawat nilai-nilai tradisi yang telah diwariskan kepada kita," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif