Ilustrasi macet Jakarta/Media Indonesia/Pius Erlangga.
Ilustrasi macet Jakarta/Media Indonesia/Pius Erlangga.

Macet Jakarta Makin Parah? Ini Penyebabnya

Kautsar Widya Prabowo • 29 September 2022 17:41
Jakarta: Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengamini kemacetan Jakarta yang semakin parah. Menurut dia, hal itu diakibatkan pembangunan infrastruktur penunjang transportasi publik. 
 
"Ada beberapa ruas yang bottle neck (penyempitan jalan) karena ada pengerjaan konstruksi itu akan menyebabkan bottle neck dan ekornya panjang. Kami mohon kepada masyarakat untuk tetap berhati hati," ujar Syafrin saat dihubungi, Kamis, 29 September 2022.
 
Pihaknya mendorong masyarakat dapat beralih menggunakan transportasi umum untuk menekan kemacetan. Syafrin membeberkan sejumlah titik kemacetan seperti di Jalan MT Hariyono.
 

Baca: Anies Kaji Penyebab Kemacetan di Perempatan Fatmawati


Menurut dia, kemacetan terjadi di Halte Cawang Cikoko yang tengah direvitalisasi agar dapat terintergrasi dengan Lintas Rel Terpadu (LRT). Kondisi serupa terjadi di area DI Pandjaitan, Ahmad Yani, dan Rasuna Said.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konstruksi ini tentu mengurangi jumlah jalur (pengendara)," jelasnya.
 
Kemacetan makin parah, kata dia, karena proyek galian pipa gas dan air bersih. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) ihwal penyedian bus yang menjangkau wilayah penyangga Jakarta. 
 
"Kami mengimbau kepada masyarakat sekarang waktunya menggunakan transportasi publik yang sudah di-deliver pemerintah yang mereka bisa lebih efisien," kata Syafrin.

 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif