Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani
Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani

Raperda Pengolahan Limbah Hingga BUMD Masuk Propemperda DKI 2021

Nasional dki jakarta hukum pengolahan limbah
Sri Yanti Nainggolan • 13 November 2020 15:56
Jakarta: Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta menyetujui 24 rancangan peraturan daerah (raperda) masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2021. Dari 24 raperda itu, 15 merupakan rancangan aturan baru.
 
"Sisanya adalah perubahan atau revisi perda," ujar Wakil Ketua Bapemperda Dedi Supriadi, di Jakarta, Jumat, 13 November 2020.
 
Raperda baru tersebut di antaranya Raperda Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (CSR), Raperda Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), dan Raperda Pengolahan Air Limbah Domestik. Beberapa raperda baru lain sudah disertai naskah akademik (NA), yaitu Raperda Kawasan Tanpa Rokok, Raperda Penyelenggaraan Pendidikan, Raperda Perlindungan Disabilitas, Raperda Rumah Susun Milik, serta Raperda Pembangunan Industri Provinsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkot Bogor Bidik Pasar Tradisional soal Penggunaan Kantong Plastik
 
"Raperda-raperda ini siap dibahas di 2021 bersama Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta," jelas Dedi.
 
Dedi menyebut pihaknya juga membahas lima raperda soal badan usaha milik daerah (BUMD). Aturan ini menyangkut pengelolaan Dharma Jaya, PAM Jaya, PAL Jaya, Jakarta Propertindo, dan Jakarta Tourisindo.
 
Regulasi ini akan menjadi dasar perubahan bentuk hukum dari perusahaan daerah menjadi perusahaan umum daerah pada BUMD tersebut. Perubahan modal dasar untuk pengembangan BUMD juga diatur.
 
"Setelah disetujui Bapemperda, 24 raperda ini akan disampaikan kepada pimpinan DPRD DKI Jakarta, lalu Bamus (Badan Musyawarah) akan menjadwalkan pengesahannya dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta," jelas Dedi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif