Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pemasangan cetakan semen pada proyek normalisasi Kali Grogol, Jakarta Barat. Foto: MI/Pius Erlangga
Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pemasangan cetakan semen pada proyek normalisasi Kali Grogol, Jakarta Barat. Foto: MI/Pius Erlangga

Lahan di Perintis dan Manggarai Terkena Normalisasi Kali Ciliwung

Nasional banjir jakarta pemprov dki normalisasi ciliwung
Sri Yanti Nainggolan • 25 November 2020 15:23
Jakarta: Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan (Jaksel) membebaskan lahan di kawasan Perintis dan Manggarai. Dua titik ini bersinggungan dengan proyek normalisasi Kali Ciliwung. 
 
"Di area Perintis tinggal 40 meter dan Manggarai satu kilometer (yang belum)," terang Kepala Sudin SDA Jaksel Mustajab saat dihubungi, Rabu, 25 November 2020. 
 
Sementara itu, lahan di Tanjung Barat hingga ke Pejaten Timur masih belum dibebaskan. Daerah lain yang menjadi prioritas pembebasan lahan, yakni Pangadegan, Rawajati, dan Kebon Baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkot Bogor Gandeng Australia Benahi Sungai Ciliwung
 
"Tanjung Barat hingga Pejaten Timur belum, baik dari sisi Jakarta Timur maupun Jakarta Selatan," ungkap dia.
 
Dinas SDA DKI Jakarta menganggarkan Rp780 miliar untuk pembebasan lahan pada 2020. Pembebasan lahan ini untuk mengurangi dampak banjir di Ibu Kota.
 
Pembebasan lahan fokus pada daerah bantaran kali atau sungai yang perlu segera dinormalisasi. Lokasi itu di antaranya bantaran Kali Pesanggarahan, Kali Angke, Kali Ciliwung, dan Kali Kramat.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif