Ilustrasi/Media Indonesia.
Ilustrasi/Media Indonesia.

DKI Gandeng Jepang Percepat Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A

Nasional mrt Proyek MRT pemprov dki
Sri Yanti Nainggolan • 03 Oktober 2020 05:32
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempercepat pembangunan moda raya terpadu (MRT) Jakarta Fase 2A.  Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut akan menjalin kerja sama dengan Jepang terkait hal ini.
 
"Karena menurut jadwal sementara akan selesai pada 2026 tapi berpotensi mundur ke 2027. Buat kita ini sangat lama," kata Riza saat meninjau Kontrol Operasi di Depo Moda MRT Jakarta, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Jumat, 2 Oktober 2020. 
 
Baca: Di Masa Depan, MRT tak Lagi Tergantung Dana Pemerintah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jepang dinilai memiliki kompetensi membangun moda transportasi jenis ini. Kapasitas tersebut diperlukan untuk percepatan pembangunan MRT sebagai tulang punggung transportasi di Jakarta. 
 
Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A terdiri dari 2 segmen, pertama menghubungkan Thamrin-Monas yang ditargetkan selesai Maret 2025. Saat ini progress fisik mencapai 8,157 persen, meliputi relokasi pohon, rekayasa lalu lintas di Jalan Thamrin, pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bank Indonesia, dan lain-lain.
 
Segmen selanjutnya yakni menghubungkan Harmoni-Kota yang direncanakan selesai pada 2026. Jarak antarstasiun dalam pembangunan tersebut mulai 0,6 kilometer sampai dengan satu kilometer.
 
Pembangunan proyek MRT Jakarta Fase 2A memiliki nilai penting dalam membangun pemulihan ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi. Proyek ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah untuk mengatasi pemulihan ekonomi nasional. Karena ada penyerapan tenaga kerja dan ahli, pembelian peralatan konstruksi, serta pembangunan infrastruktur.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif