Park and ride Lebak Bulus/MI/Bary Fathahilah
Park and ride Lebak Bulus/MI/Bary Fathahilah

Pelanggar Aturan Parkir Stasiun MRT Dipastikan Disanksi Tegas

Nasional mrt Proyek MRT
Nur Azizah • 09 April 2019 13:13
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak segan menindak pengendara yang memarkirkan kendaraannya di bawah jalan layang Moda Raya Terpadu (MRT). Sejumlah kolong MRT Jakarta kerap diokupasi pengendara motor dan mobil.
 
"Pokoknya kalau melanggar ketentuan pasti disanksi," tegas Anies di JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 9 April 2019.
 
Anies heran masih banyak pengendara yang memarkirkan kendaraannya sembarangan. Padahal, MRT Jakarta sudah menyediakan kantong-kantong parkir di dekat stasiun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita perlu waktu untuk (menambah) kantong parkir. Tapi kita harap itu semua bisa ditangani dengan cepat," ujar dia.
 
Baca: Ojek Daring Pengumpan Favorit Penumpang MRT
 
Sebelumnya, kolong Stasiun MRT Haji Nawi sempat dipadati kendaraan roda dua dan empat. Akibatnya, jalur khusus disabilitas terhalang dan membuat lalu lintas macet.
 
Kondisi ini langsung diketahui dan ditangani Dinas Perhubungan. Dishub mengklaim kolong- kolong Stasiun MRT Jakarta steril.
 
PT MRT Jakarta telah menyediakan tiga kantong parkir, satu di Lebak Bulus dan dua di Fatmawati. Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menyampaikan tarif parkir kendaraan roda empat dipatok Rp5 ribu per hari dan Rp2 ribu untuk roda dua.
 
Luas parkir di stasiun Lebak Bulus sekitar 8 ribu meter persegi dengan daya tampung 500 unit. Sedangkan luas lahan parkir di stasiun Fatmawati sekitar empat ribu hingga lima ribu meter persegi. Luas lahan parkir lainnya sekitar 2,5 ribu meter persegi.
 
"Nanti luasnya akan kita tingkatkan. Intinya, untuk awal yang diprioritaskan ruangnya dulu. Sekarang fokus kami pada sisi operasional berjalan dengan aman dan lancar, untuk fasilitas pendukungnya akan terus dikembangkan terus supaya lebih layak jadi tempat parkir," ujar Kamal.
 
Baca: MRT Disebut Mampu Membangun Solidaritas Sosial
 
Penumpang MRT juga bisa memanfaatkan lahan parkir di pusat perbelanjaan dekat stasiun. Namun, tarif parkir dipatok berdasarkan jam.
 
"Jadi, seperti yang di Transmart sudah ada tapi kan tarif mereka tarif normal. Sementara untuk park and ride harus bersabar berjalan sedikit tapi langsung mengarah ke lokasi kantong rumah warga yang sebagian banyak rumahnya sekitar sana," ujar Kamal.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif