Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah.

Pemprov DKI Tak Merugi Gratiskan PBB Rumah Eks Presiden

Nasional pajak bumi bangunan
Nur Azizah • 24 April 2019 12:35
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal membebaskan pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk mantan presiden dan wakil presiden. Anies tak khawatir Pemprov kehilangan potensi pendapatan.
 
"Enggak ada masalah. Satu rumah kecil. Satu rumah. Artinya enggak banyak," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 24 April 2019.
 
Mantan Mendikbud ini bakal mencari cara lain untuk menambah pendapatan dari PBB. Salah satunya dengan membuat kebijakan baru untuk perumahan di kawasan elite.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti ada kebijakan khusus soal rumah-rumah di kawasan elite. Tapi nanti kalau sudah jadi pergubnya saya umumkan. Pokoknya enggak usah spekulasi dulu," ucap dia.
 
(Baca juga:Rumah di Bawah Rp1 Miliar Tetap Bebas Pajak)
 
Anies menargetkan pergub baru itu akan terbit dalam waktu dekat. Selain mengeluarkan kebijakan baru untuk orang-orang kaya, pemprov juga akan mendata ulang objek pajak di Ibu Kota.
 
Menurutnya, banyak objek pajak yang tidak ditulis berdasarkan fakta lapangan. "Misalnya, gedung dihitung per lantainya 1.000 meter, dalam kenyataannya bisa jadi 1.200 meter. Nah, itu yang sedang kita lalukan. Dengan cara seperti itu insyaallah pendapatan pajak kita akan lebih banyak," ujar dia.
 
Berdasarkan data dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah, dari Januari hingga Maret 2019, realisasi PBB Rp148,54 miliar dari target Rp9,6 triliun. Total target pendapatan pajak tahun ini sekitar Rp44,18 triliun.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif